Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Proklamasi Segera Terwujud

Kompas.com - 10/02/2011, 08:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berencana membuat Museum Proklamasi. Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Aurora Tambunan mengungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (9/2/2011).

"Kami serius sekali menggarap ini. Tahun ini kami kaji dari segi museum, sejarah, dan lain-lain. Kami mulai bikin tahun 2012," ucapnya.

Museum Proklamasi akan bertempat di Jalan Proklamasi, Jakarta. Dahulu jalan ini bernama Jalan Pegangsaan Timur. Lokasi tersebut lebih dikenal sebagai Tugu Proklamasi.

Aurora menceritakan, di lokasi tersebut dahulu berdiri rumah Bung Karno. "Namun, rumah Soekarno dihilangkan oleh dirinya sendiri, jadi atas seizin Bung Karno. Ini karena beliau khawatir akan ada pengultusan dirinya," ujar Aurora.

Sebenarnya fondasi rumah Bung Karno masih ada. Menurut Aurora, jika dibangun kembali, hal itu malah akan menghilangkan sejarah. Karena itu, Museum Proklamasi akan bertempat di Gedung Pola yang berada di belakang tugu.

Ia berharap, dengan adanya museum tersebut, unsur-unsur perjuangan lebih terangkat. "Unsur fun harus tetap ada untuk menarik pengunjung. Karena itu, perlu dipikirkan promosi dan tata pamernya," kata Aurora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com