Museum Proklamasi Segera Terwujud

Kompas.com - 10/02/2011, 08:29 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berencana membuat Museum Proklamasi. Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Aurora Tambunan mengungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (9/2/2011).

"Kami serius sekali menggarap ini. Tahun ini kami kaji dari segi museum, sejarah, dan lain-lain. Kami mulai bikin tahun 2012," ucapnya.

Museum Proklamasi akan bertempat di Jalan Proklamasi, Jakarta. Dahulu jalan ini bernama Jalan Pegangsaan Timur. Lokasi tersebut lebih dikenal sebagai Tugu Proklamasi.

Aurora menceritakan, di lokasi tersebut dahulu berdiri rumah Bung Karno. "Namun, rumah Soekarno dihilangkan oleh dirinya sendiri, jadi atas seizin Bung Karno. Ini karena beliau khawatir akan ada pengultusan dirinya," ujar Aurora.

Sebenarnya fondasi rumah Bung Karno masih ada. Menurut Aurora, jika dibangun kembali, hal itu malah akan menghilangkan sejarah. Karena itu, Museum Proklamasi akan bertempat di Gedung Pola yang berada di belakang tugu.

Ia berharap, dengan adanya museum tersebut, unsur-unsur perjuangan lebih terangkat. "Unsur fun harus tetap ada untuk menarik pengunjung. Karena itu, perlu dipikirkan promosi dan tata pamernya," kata Aurora.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.