Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tercebur Kali, 5 Orang Tewas

Kompas.com - 14/02/2011, 04:30 WIB

Subang, Kompas - Lima orang tewas dan satu luka setelah kendaraan yang mereka tumpangi tercebur ke saluran induk Tarum Timur di Desa Salamjaya, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (12/2) petang.

Nia Fauzia binti Hasan (19), pengemudi, diduga tak mampu menguasai kendaraan saat berbelok dan akan menyeberangi jembatan saluran irigasi yang di Jakarta bernama Kali Malang tersebut.

Sore itu, Nia sedang latihan berkendara. Di samping pelatih yang juga pamannya, Awang Sudarman (37), Nia juga mengajak kerabatnya, yakni bibi Neni binti Nendi (31), keponakan Ilham (8) dan Luki (6), serta adik kandungnya Irfan Mustofa bin Hasan (7). Nia, Neni, dan Irfan meninggal di lokasi, sementara Ilham dan Luki meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Adapun Awang mengalami luka ringan.

Lokasi kejadian berjarak sekitar 1 kilometer dari rumah korban di Desa Peringkasap, Kecamatan Pabuaran.

Kecelakaan itu terjadi setelah Nia berlatih di tanah lapang bekas lahan milik PT Pertamina. Rombongan yang menumpangi Toyota Kijang nomor polisi Z 1193 DB itu berniat pulang.

Akan tetapi, menurut saksi Durahman (37), Nia gagal membelokkan kendaraan di jalan menikung menjelang jembatan. Mobil pun tercebur ke saluran irigasi yang diduga berkedalaman lebih dari 5 meter tersebut. Para penumpang kesulitan keluar setelah mobil terbenam ke dalam air.

Sejumlah warga berusaha menolong dengan memecah kaca dan membawa korban keluar dari air. Namun, upaya itu gagal, antara lain, karena terhambat arus dan kedalaman air. ”Baru satu jam setelah kejadian, semua korban bisa diangkat,” kata Durahman.

Faktor kedalaman air dan kurangnya penerangan juga menyulitkan evakuasi. Proses pengangkatan kendaraan juga terhambat.

Menurut sejumlah warga, kendaraan baru berhasil diangkat Minggu dini hari setelah tiga kali mengganti jenis dan kekuatan derek.

Jembatan sempit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com