Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Yatim Piatu Terbangkan Cita-citanya

Kompas.com - 22/02/2011, 19:53 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Yayasan Yatim Mandiri, Selasa (22/2/2011) menyerahkan beasiswa total senilai Rp 352,52 juta kepada 1.656 anak yatim piatu se-Kabupaten Gresik. Secara simbolis, bantuan diserahkan kepada 600 anak yatim piatu dari 35 Panti Asuhan dan 88 koordinator yatim.

Pemberian bantuan beasiswa disertai harapan anak-anak yatim. Mereka menuliskan keinginan dan cita-citanya pada secarik kertas. Husnah Nabila menuliskan cita-citanya menjadi Mubalighah. Tri Cahya ingin jadi dokter. Mulia Rahmat ingin menjadi Presiden.

Ada juga anak yang menulis keinginan dan cita-citanya menjadi Pak Qosim, alasannya Pak Qosim ganteng dan pintar ceramah. Tulisan pada kertas-kertas itu diikat benang ke balon lalu diterbangkan ke angkasa dari halaman kantor Bupati Gresik.

"Semoga Allah mengabulkan keinginan kita bersama," kata Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim.

Qosim menyatakan Pemerintah Kabupaten Gresik atas persetujuan DPRD Gresik mengalokasikan dana Rp 3 miliar untuk program peduli yatim piatu. Berdasarkan data Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gresik tercatat sekitar 14.000 anak yatim piatu.

Direktur Yatim Mandiri Cabang Gresik, Ahmad Zaini Faisol menyebutkan saat ini tercatat 8.000 donatur se-Kabupaten Gresik dengan total dana yang terkumpul Rp 200 juta per bulan. Dana itu dialokasikan untuk program beasiswa total Rp 350 juta per semester. Selain itu dana dialokasikan untuk program pembelian alat sekolah, pembayaran guru yatim, uang saku harian yatim, layanan kesehatan yatim, operasional mobil ambulans, bantuan gizi, pelatihan, dan pelatihan kewirausahaan untuk yatim piatu remaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com