Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CT Yakin Pertumbuhan Capai 6,9 Persen

Kompas.com - 24/02/2011, 09:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung (CT) optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2011 bisa mencapai 6,9 persen. "Saya sangat optimis pertumbuhan ekonomi kita akan capai 6,4 persen, bahkan tidak mungkin capai 6,9 persen tahun ini," kata CT  yang juga CEO Para Grup ini, dalam paparannya mengenai kondisi ekonomi Indonesia tahun 2011, juga lima tahun ke depan pada acara "Customer Gathering dan Perbincangan Economic Outlook 2011," di Menara Bank Mega, Jl. Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (23/2/2011) malam

Keyakinannya itu, berdasarkan berbagai indikator ekonomi Indonesia selama 2010 yang kinerjanya lumayan. CT memaparkan pasar saham Indonesia berkinerja terbaik di dunia, dengan nilai pertumbuhan perdagangan saham sebesar 46 persen. Surat utang pun satu tingkat di bawah investment grade. Rasio utang Indonesia terhadap PDB sebesar 27 persen pada tahun 2010.Selisih 8 persen dengan China (19 persen). Dalam hal ini Indonesia dinilai baik, mengingat sejumlah negara Eropa dengan perekonomian maju-nya justru sedang dalam kondisi buruk, seperti Yunani dengan 130 persen.

"Nilai tukar relatif kuat karena peningkatan daya tarik sebagai negara investasi. Ekonomi negara maju akan terus mengalirkan dana ke negara-negara berkembang. Indonesia sedang berada di fase pertumbuhan," jelas CT.

Ia juga yakin bahwa pertumbuhan dua digit dalam investasi dan ekspor, dan pertumbuhan ekonomi akan berlanjut tujuh tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com