Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Dekat Rumah Sakit Tidak Ideal

Kompas.com - 24/02/2011, 21:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Pemprov DKI memindahkan lokasi Stadion Lebak Bulus ke kawasan lapangan golf dekat RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, mendapat tanggapan negatif warga. Lokasi yang berdekatan dengan rumah sakit menjadi alasan utama.

"Gimana hiruk-pikuk lalu lintasnya, gimana gaduh superternya, belum lagi kalau ada keributan di luar stadion. Apa nggak terganggu rumah sakitnya," kata Pak Heru (54), salah seorang warga yang bermukim di belakang RS Fatmawati sejak tahun 1975.

Menurutnya, Pemprov DKI perlu mempertimbangkan ketenangan, keamanan, dan kenyamanan RS sebelum membangun stadion sepakbola di lokasi tersebut. "Apalagi anak-anak (suporter sepakbola) kan sulit dikontrol," timpalnya sambil menggambarkan berbagai keonaran yang dilakukan suporter.

Senada dengan Pak Heru, Bang Ali, pemilik lapak di mulut jalan yang mengitari RS Fatmawati, juga mencemaskan kemungkinan terganggunya akses menuju RS Fatmawati. Ia mengingatkan ada tiga gerbang RS Fatmawati pada jalan sempit tersebut, termasuk akses keluar-masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD). Jalur dari dan menuju RS pasti terganggu bila ada pertandingan atau kegiatan besar di stadion.

"Padahal, orang yang mau ke rumah sakit kan butuh cepat," kata Bang Ali. Belum lagi mobil-mobil yang diparkir pada kedua sisi jalan tersebut menyisakan ruas jalan yang hanya bisa dilewati satu kendaraan saja.

Meski demikian, ada juga pandangan lain. Pemprov DKI bisa saja membangun stadion baru di daerah tersebut, namun perlu juga membuka jalur-jalur baru menuju stadion. Menurut salah seorang Ketua RT di Kelurahan Cilandak Barat ini, dengan membuka jalur baru menuju stadion yang terhubung langsung dengan Jalan TB Simatupang maupun Jalan Raya Fatmawati, akses RS tidak akan terganggu. Hanya saja, menurut pria paruh baya yang tidak mau dicantumkan namanya ini, pemerintah perlu memperhitungkan potensi macet di kedua jalur utama tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI menyatakan akan memindahkan lokasi Stadion Lebak Bulus ke sebuah lokasi dekat lapangan golf yang bersisian dengan RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Stadion Lebak Bulus sendiri akan dialihfungsikan menjadi depo Mass Rapid Transport (MRT).

Area stadion baru yang menurut Ratiyono, Kepala dinas Olahraga dan Pemuda, Rabu (23/2/2011), berada di dekat lapangan golf (Cilandak Golf Course), hanya dipisahkan jalan aspal selebar 5-6 meter. Jalan ini pula yang saat ini menjadi satu-satunya akses masuk menuju lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com