Prijanto: Arus Terbalik Itu "Impossible"

Kompas.com - 03/03/2011, 17:51 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Usulan Polda Metro Jaya agar bus transjakarta menerapkan sistem arus terbalik (contra flow) ditanggapi pesimistis oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto. Bahkan, Prijanto menegaskan, contraflow merupakan suatu hal yang tidak masuk akal karena kondisi jalur busway saat ini tidak memungkinkan lantaran masih banyak terdapat mixed traffic.

”Kalau kondisi jalur busway masih seperti ini, saya berani mengatakan riskan atau impossible,” kata Prijanto, Kamis (3/3/2011) di Balaikota Jakarta.

Ia mencontohkan busway koridor Cililitan-Tanjung Priok yang masih mixed traffic dan terdiri dari dua jalur.

”Batasnya juga hanya garis putus-putus, kalau berbalik arah apa tidak akan celaka?” ucapnya.

Selain itu, Prijanto juga mengatakan, kecelakaan juga akan rawan terjadi di tiap lampu merah.

”Kalau akan dibenahi mungkin saja bisa terjadi. Tapi, kalau untuk saat ini, impossible. Belum lagi perilaku disiplin masyarakat yang masih kurang,” ujar Prijanto.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengirimkan tim ke Turki untuk mempelajari soal contra flow busway. Tim tersebut terdiri dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya.

”Di sana akan dilihat bagaimana penerapan contra flow bisa baik dan apa yang bisa diterapkan di Jakarta,” tuturnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman menyatakan bahwa penerapan contra flow mampu mengefektifkan sterilisasi jalur busway. Pasalnya, saat ini jalur busway masih sering diserobot kendaraan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.