Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Bus Pengumpan Digelar April

Kompas.com - 07/03/2011, 04:41 WIB

jakarta, kompas - Untuk memudahkan masyarakat mencapai halte busway, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan bus pengumpan (feeder) dengan tiga rute. Ketiga rute adalah Sentra Primer Barat (Duri Kembangan-Wali Kota Jakarta Barat), Tanah Abang-Balaikota, dan Sudirman Center Business District-Senayan.

Bus pengumpan ini juga diharapkan bisa meningkatkan jumlah pengguna bus transjakarta yang telah mencapai 300.000 orang per hari ini. ”Rencananya, lelang pengadaan feeder busway akan dibuka April 2011 dan hasilnya diumumkan 45 hari kemudian,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Minggu (6/3).

Untuk tahap awal, ketiga rute ini baru akan dilayani oleh 15 bus. Sebanyak enam unit akan melayani rute Sentra Primer Barat, empat unit melayani Tanah Abang-Balaikota, dan lima unit melayani rute SCBD-Senayan. Sistem pengoperasian bus pengumpan menggunakan integrasi penuh dengan bentuk melingkar (looping) untuk memudahkan pengoperasian.

Pristono mengakui, jumlah bus pengumpan ini belum ideal. Seharusnya jumlah idealnya, setiap rute dilayani delapan bus atau total 24 bus. ”Ini, kan, baru tahap awal. Kami akan evaluasi dahulu operasionalnya,” kata Pristono.

Menurut dia, lelang pengadaan bus pengumpan akan dibagi menjadi tiga paket pengerjaan, yaitu paket investasi, paket operator, dan paket pemeliharaan bus. Tujuannya, pengoperasian dan pemeliharaan bus pengumpan lebih terkoordinasi serta berjalan dengan baik. ”Saya belum tahu nilai pengadaan bus karena masih dihitung. Namun yang pasti, dalam pelaksanaan awal, feeder ini tak akan mengubah trayek angkutan umum yang telah ada. Secara kelembagaan juga akan terpisah dengan BLU Transjakarta,” ujarnya.

Dia memaparkan, rute bus pengumpan Sentra Primer Barat memiliki panjang 14,38 kilometer (km). Jika kecepatan rata-rata bus ini saat jam sibuk 21,01 km per jam dengan sembilan titik pemberhentian, lama perjalanan bus mencapai 41,1 menit.

Rute bus pengumpan Tanah Abang dan SCBD masing-masing memiliki panjang 6,5 km dan 8,23 km. ”Pada jam-jam sibuk, lama perjalanan mereka rata-rata hanya 25,7 menit dan 38,9 menit. Ini cukup menghemat waktu,” kata Pristono. (ARN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com