Seberapa Idealkah Bus Transjakarta?

Kompas.com - 07/03/2011, 10:21 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Seberapa idealkah layanan bus transjakarta sebagai transportasi publik Jakarta? Untuk menguji efisiensi layanan salah satu transportasi yang diandalkan Pemprov DKI ini, Kompas.com memilih Koridor X PGC Cililitan-Tanjung Priok sebagai tes awal.

Demi mendapatkan hasil ideal, pemilihan waktu menjadi unsur penting transportasi Ibu Kota. Hari Minggu (6/3/2011) dipilih sebagai waktu uji coba karena pertimbangan khusus.

Dua alasan utama belum idealnya layanan transjakarta adalah kemacetan dan rasio antara jumlah penumpang dan jumlah armada bus yang belum berimbang. Pada hari Minggu, kedua kondisi penghambat itu bisa diabaikan.

Mulai membeli tiket di area free-walk PGC pada pukul 10.05, bus transjakarta arah Tanjung Priok baru tiba pada 10.17 dalam kondisi kosong.

Penumpang Koridor X yang melalui 21 perhentian/halte ini ternyata cukup banyak, meski masih terhitung sedikit dibandingkan dengan penumpang arah Ancol. Seluruh tempat duduk langsung terisi dengan beberapa orang terpaksa berdiri karena tidak kebagian tempat duduk.

Dengan situasi jalanan yang lancar dan kondisi jalur busway yang bebas kendaraan lain, waktu tempuh PGC-UKI yang berjarak sekitar 2 km cuma memakan waktu 5 menit.

Penumpang menjadi lebih padat saat mencapai Halte Pramuka, Rawamangun, Jakarta Timur. Ini dikarenakan halte tersebut menjadi tempat transit penumpang dari/ke Pulo Gadung, Senen, Harmoni, dan Ancol. Saat itu, waktu menunjukkan pukul 10.36, terhitung 19 menit dari waktu keberangkatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar penumpang ternyata turun di Halte Yos Sudarso, Cempaka Mas, dan Halte Kelapa Gading-Sunter. Setelah kedua halte tersebut, beberapa bangku terlihat kosong.

Halte Cempaka Mas yang merupakan tempat transit penumpang dicapai dalam waktu 10 menit dari Halte Pramuka. Sedangkan waktu tempuh dari Halte Cempaka Mas-Kelapa Gading hanya berkisar 6 menit. Waktu tempuh antarhalte selanjutnya, yaitu Pertamina Plumpang, Wali Kota, Jakarta Utara, Enggano Terminal Tanjung Priok, berkisar 2-3 menit.

Tujuan akhir koridor ini, Halte Tanjung Priok, dicapai pada pukul 11.03. Itu berarti jarak tempuh 19,4 km ini dicapai dalam waktu tempuh sekitar 46 menit.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.