Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Apung Dijadikan Tujuan Wisata

Kompas.com - 14/03/2011, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat berencana menjadikan Kampung Apung di RW 01, Kapuk, Cengkareng sebagai salah satu lokasi tujuan wisata di wilayahnya. Sebagai langkah awal, sejumlah Abang None (abnon) pun diajak mengunjungi lokasi tersebut.

Setelah mengunjungi lokasi itu, para Abnon dituntut menyumbangkan gagasan atau idenya untuk menjadikan Kampung Apung layak menjadi salah satu potensi tujuan wisata di Jakarta Barat.

“Abnon kan putra-putri unggulan dan berasal dari berbagai disiplin ilmu. Jadi, sudah selayaknya para abnon turut memberikan ide serta gagasannya untuk memajukan pembangunan, khususnya di bidang pariwisata,” ujar Eldi Andi, Asisten Perekonomian Jakarta Barat kepada beritajakarta.com, Minggu (13/3/2011).

Mengenai wacana itu, Eldi menuturkan, bukan berarti pihaknya akan mengeksploitasi kehidupan warga Kampung Apung. Pihaknya hanya melihat ada nilai lebih yang dimiliki Kampung Apung, yakni sebagai tempat yang unik jika benar-benar dikemas sebagai daerah tujuan wisata. Dengan begitu, diharapkan pula dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga Kampung Apung.

“Kawasan wisata tidak selalu harus ditunjukan dengan kegiatan yang bersifat hura-hura. Jika dikemas dengan baik, saya kira kawasan yang tadinya kumuh pun dapat disulap menjadi daerah tujuan wisata yang menjual keunikan tersendiri,” paparnya.

Untuk mewujudkan hal itu, saat ini, dikatakan Eldi, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Sudin Peternakan dan Perikanan untuk memberikan bantuan bibit lele dan teknik budidayanya.

Selain itu, juga berkoordinasi dengan Sudin Perindustrian dan Energi untuk mengelola potensi tanaman eceng gondok yang banyak tumbuh di kawasan tersebut untuk dijadikan kerajinan warga. Sedangkan Sudin PU Tata Air, diminta melakukan penataan terhadap saluran air yang ada di wilayah tersebut.

“Kami juga berkoordinasi dengan Sudin Perhubungan Jakarta Barat untuk membuat rambu-rambu petunjuk jalan menuju Kampung Apung,” kata Eldi Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com