Tangan Kasat Reskrim Terkena Bom

Kompas.com - 15/03/2011, 16:35 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Paket berisi bom yang meledak di Kantor Sekretariat Utan Kayu yang juga Kantor Berita Radio (KBR) 68H mengakibatkan tiga petugas polisi terluka. Salah satunya adalah Kasat Reskrim Jakarta Timur Komisaris Dody Rachmawan. Pergelangan tangannya dikabarkan putus.

Dua polisi yang berada di sebelah Komisaris Dody juga mengalami luka. Mereka langsung dibawa ke rumah sakit. Komisaris Iwan dan dua anggota polisi terluka karena membuka paket bom tersebut.

Paket berisi buku dengan judul Mereka Harus Dibunuh Karena Dosa-Dosa Mereka Terhadap Islam dan Kaum Muslimin. Paket diterima Sekretariat Utan Kayu yang beralamat di Jl Utan Kayu No 68 H, Jakarta Timur, 13120, dengan nomor telepon 081332220579 diamankan polisi.

Menurut juru bicara Komunitas Utan Kayu, Saiman, saat ditemui wartawan di lokasi, Selasa (15/3/2011), buku tersebut datang dalam sebuah paket pada pagi ini sekitar pukul 10.00 WIB dengan diantar seorang laki-laki. Sekitar pukul 14.00, ia mengalami kesulitan ketika mencoba membuka buku tersebut.

Buku yang datang dalam sebuah paket ditujukan untuk aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulili Abshar Abdalla, itu kemudian diamankan di bagian belakang sekretariat. Petugas keamanan pun memeriksa buku itu dengan metal detector. "Ternyata bunyi. Diduga ada besinya. Saya curiga," katanya.

Pada amplop paket tersebut tertulis nama pengirim, yaitu Drs Sulaiman Azhar LC, dengan alamat Jl Bahagia Gg Panser No 29. Di dalam amplop tersebut juga ditemukan surat pengantar yang berisi permohonan bagi Ulil Abshar agar menulis pengantar di buku tersebut.

"Baru kebuka sedikit, lalu saya lihat di dalamnya ada kabel-kabel. Saya langsung curiga. Lalu buku tersebut kami amankan," ujarnya. (Tribunnews/Nurmulia Rekso P).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.