Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Pilih Nachrowi atau Foke?

Kompas.com - 15/03/2011, 20:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencalonan Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Nachrowi Ramli menjadi calon Gubernur DKI Jakarta seakan menenggelamkan nama Gubernur DKI Jakarta saat ini yang juga merupakan Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Fauzi Bowo.

Namun, di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Demokrat rupanya masih belum memiliki calon resmi yang akan dikedepankan dalam Pilgub DKI tahun 2012 tersebut. Hal ini disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Komunikasi dan Informasi, Ruhut Sitompul, Selasa (15/3/2011), saat dihubungi wartawan. "Calonnya belum diputuskan jadi mohon bersabar," ujarnya.

Ruhut menjelaskan untuk pemilihan gubernur di tiap provinsi, termasuk DKI Jakarta, calon yang akan diusung Demokrat akan diputuskan oleh Ketua Umum dan Sekretatis Jenderal DPP Partai Demokrat. "Keputusan itu didapat setelah berkonsultasi dengan Ketua Dewan Pembina Bapak SBY," ungkap Ruhut.

Ketika ditanyakan soal peluang Fauzi Bowo untuk kembali dicalonkan oleh internal partai, Ruhut enggan menjawab secara gamblang. Ia hanya mengatakan, "Sampai sekarang belum mengerucut jadi bersabar ya."

Sebelumnya, Nachrowi Ramli menyatakan kesiapannya untuk maju menjadi calon Gubernur DKI Jakarta. "Kalau itu amanah dan diberi izin partai, saya secara pribadi siap. Komunikasi dengan berbagai partai juga mulai dibangun," ungkap Nachrowi.

Namun demikian, Nachrowi mengatakan bahwa komunikasi kepada parpol-parpol itu hanyalah suatu pendekatan awal. "Intinya untuk membangun dan menjalin hubungan baik," ucapnya.

Sementara itu, hingga saat ini, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, masih enggan mengomentari pencalonan kembali dirinya menjadi DKI 1. "Yang jelas saya kerja saja dan selesaikan jabatan saya sampai tahun depan," ucap Gubernur beberapa waktu lalu usai meresmikan kantor Samsat Drive Thru di Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com