Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Tua Masih Favorit Warga Jakarta

Kompas.com - 20/03/2011, 18:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan kota tua Jakarta memang menjadi favorit masyarakat Jakarta untuk berakhir pekan. Namun, daya tarik wisata sejarah di kawasan tersebut tak hanya memikat warga Jakarta. Beberapa pengunjung yang memadati Taman Fatahillah berasal dari luar daerah.

Salah satunya seorang bapak bernama Eko asal Nganjuk yang sengaja datang untuk berwisata sejarah. "Saya sudah mampir ke Museum Bank Mandiri, Bank Indonesia, Fatahillah, dan Museum Wayang," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (19/3/2011).

Pengunjung lain seorang dosen seni rupa bernama Aji. Ia membawa puluhan mahasiswanya untuk mengambar di kawasan tersebut. Tampak pula wisatawan asing yang mampir ke beberapa museum di dekat Taman Fatahillah.

Kepala UPT Kota Tua, Candrian mengatakan tingkat kunjungan ke kawasan tersebut mencapai 5.000 orang per hari. Di Museum Wayang saja pada Sabtu (19/3/2011) hingga pukul 14.00 telah mendapatkan kunjungan lebih dari 350 orang.

Sementara itu, tukang sewa sepeda bernama Uan mengatakan ia baru mendapat 10 orang penyewa. "Kelihatan memang ramai, tapi yang sewa sedikit," katanya. Sebagian besar pengunjung memang datang untuk wisata sejarah dan minat khusus yaitu fotografi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com