Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nachrowi Pede Didukung Komunitas Betawi

Kompas.com - 21/03/2011, 11:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pencalonan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli menjadi bakal calon gubernur DKI Jakarta sudah bukan isapan jempol lagi. Nachrowi pun sudah mulai bergerilya memperoleh dukungan ke berbagai kalangan.

Sebagai Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Nachrowi percaya diri didukung oleh komunitas-komunitas Betawi. ”Saya maju lillahita'ala. Yang jelas niat saya baik. Kalau dukungan, sudah ada beberapa partai yang mendekati, tapi nanti dulu detailnya. Yang pasti panitia bersama dan ada partai-partai lain mendukung,” ujar Nachrowi, Senin (21/3/2011) di Jakarta.

Namun, Nachrowi yakin Bamus Betawi sudah berada di belakangnya untuk mendukung pencalonan dirinya menuju Gubernur DKI. ”Karena saya Ketua Bamus Betawi, insya Allah juga mendukung. Dari etnis lain juga ada,” ucapnya.

Sekretaris Jenderal DPD Partai Demokrat DKI Irfan Gani menambahkan, dukungan terhadap purnawirawan ABRI pun semakin menguat. Ia mengklaim suara DPD bulat mendukung Nachrowi.

”Dari DPD karena itu amanat muswilda dan akan dikuatkan dalam raker nanti. Dukungan didapat dari DPD, Bamus Betawi, ormas kepemudaan, dan koperasi karena beliau sebagai Ketua Dewan Koperasi Pimpinan Wilayah (Dekopinwil),” ujarnya.

Irfan menjelaskan, Nachrowi menjadi sosok yang tepat lantaran tidak hanya didukung masyarakat Betawi, tapi juga mempunyai hubungan internasional yang mumpuni. ”Karena waktu aktif di militer, beliau sudah punya hubungan baik dengan 79 negara,” ucapnya.

Saat ini pencalonan Nachrowi sebagai bakal calon gubernur DKI seakan menenggelamkan nama anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Fauzi Bowo. Padahal, sebelumnya Fauzi Bowo bersama Prijanto dengan didukung 20 partai politik mampu mengalahkan pasangan Adang Daradjatun-Dani Anwar. Saat ini sejumlah partai besar dan beberapa komunitas pun mulai menarik dukungannya terhadap Fauzi Bowo, seperti PDI-P, PPP, Partai Golkar, dan Forum Betawi Rempug (FBR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com