Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Solidaritas Warga untuk Jepang

Kompas.com - 27/03/2011, 13:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah papan berkanvas putih dengan lingkaran merah di tengahnya terpampang di depan Kedutaan Besar Jepang, Jalan Thamrin, Jakarta, Minggu (27/3/2011). Papan berlambang bendera Jepang itu menjadi wadah masyarakat Indonesia menyampaikan simpatinya atas bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang, awal Maret lalu.

Sejumlah warga yang melintas di Jalan Thamrin pagi tadi mampir untuk membubuhkan tanda tangan sekaligus ucapan simpatinya di papan tersebut. Selain membubuhkan ucapan simpati, sejumlah warga juga turut menyanyikan lagu semangat untuk Jepang bersama Duta Besar Jepang Kojiro Shiojiri.

Seorang warga, Putra (32), mengaku terpanggil untuk memberi dukungan semangat kepada Jepang karena merasa memiliki ikatan dengan Negeri Sakura itu. Terlebih sebagai warga Aceh, Putra turut merasakan bantuan Jepang saat Aceh diterjang tsunami.

"Dari saya, dan semua WNI untuk berdoa supaya kebih kuat, lebih bangkit. Jepang harus segera bangkit," katanya.

Demikian juga dengan Ade (28). Ia sengaja berangkat dari rumahnya di Tangerang pukul 06.00 untuk mengikuti acara INA4JPN yang menghimpun kepedulian warga untuk Jepang itu. "Karena saya peduli, soalnya dulu pernah kerja di perusahan Jepang," kata Ade yang datang dengan kedua temannya.

Ade juga berharap, Jepang dapat kembali pulih dari keterpurukan pascabencana tsunami. "Kembali bisa membangun Jepang, semuanya bisa dapat rumah dan kembali sehat," tuturnya.

Papan simpati untuk Jepang tersebut merupakan bagian dari acara INA4JPN (Indonesia for Japan). Dalam acara tersebut, penyelenggara yang diwakili Kuntoro Mangkusubroto menyerahkan papan simpati tersebut secara simbolik kepada duta besar Jepang.

Acara INA4JPN merupakan bentuk kepedulian Indonesia terhadap bencana gempa dan tsunami yang menimpa Jepang pada 8 Maret yang dibalut dalam sebuah acara seni urban. INA4JPN digagas oleh sejumlah anggota masyarakat yang peduli Jepang.

Selain menyanyikan sejumlah lagu penyemangat, warga juga menempelkan ungkapan simpatinya pada papan backdrop yang disediakan sebagai lambang kepedulian masyarakat Indonesia pada musibah Jepang.

Seperti diketahui, tsunami setinggi 10 meter menerjang Jepang pada 8 Maret. Akibatnya, ribuan orang menjadi korban bencana tersebut.Tiga provinsi di Jepang, yakni Fukushima, Miyagi, dan Iwase, mengalami kerusakan terparah. Sebanyak 496 warga negara Indonesia menetap di tiga provinsi tersebut.

Atas bencana tersebut, Pemerintah Indonesia memberikan sejumlah bantuan untuk Jepang. Termasuk bantuan dana 2 juta dollar AS dan mengirimkan tim penyelamat. Hubungan Indonesia dan Jepang yang baik turut melatarbelakangi kepedulian Indonesia terhadap bencana Jepang. Selain itu, saat Indonesia tertimpa bencana tsunami Aceh, Jepang banyak memberikan bantuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com