Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anand Krishna Keluar Rumah Sakit

Kompas.com - 30/03/2011, 17:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anand Krishna dibawa kembali ke Rumah Tahanan Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, pada pukul 15.45 WIB, Rabu (30/3/2011). Setelah dirawat di Rumah Sakit Polri Sukanto, Jakarta Timur, pihak rumah sakit menyatakan Anand bisa keluar dari rumah sakit meski yang bersangkutan mengaku masih lemah.

"Hari ini saya akan dibawa ke Rutan Cipinang. Kondisi saya masih lemas karena 22 hari saya melakukan aksi mogok makan," ujar Anand kepada Kompas.com, Rabu (30/3/2011). Ia juga menambahkan, aksinya ini akan terus dilanjutkan meski dia ditahan di rutan.

Kekecewaannya terhadap putusan hakim yang dinilai tidak independen berusahan ditunjukkan dengan aksi mogok makannya tersebut. "Saya tidak mau emosional. Oleh karena itu, saya mogok makan demi menuntut keadilan. Apa yang saya lakukan sekarang juga demi keadilan yang harus ditegakkan," ujarnya.

Kuasa hukum Anand Krishna, Arif Fadillah Arifin, juga menuturkan bahwa keputusan kliennya keluar dari rumah sakit sepenuhnya ditentukan oleh Rumah Sakit Polri Sukanto, Jakarta Timur. Ia mengatakan, kondisi Anand masih sangat lemas dan tidak stabil sampai sekarang ini.

"Semuanya keputusan dari rumah sakit. Kami hanya mengikuti saja. Padahal kondisi klien saya sendiri masih lemah," ucap Arif kepada Kompas.com.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anand Krishna merupakan terdakwa kasus pelecehan seksual atas Tara Pradipta Laksmi. Kemudian pada persidangan Rabu (9/3/2011), majelis hakim menimbang bahwa pemilik Yayasan Anand Ashram ini didakwa melakukan tindak pidana seperti diatur dalam Pasal 290 ayat (1) KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) atau melakukan tindak pidana seperti diatur dalam Pasal 294 ayat (2) ke-2 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP, menimbang bahwa persidangan telah mendengarkan saksi-saksi. Kemudian, majelis juga menimbang untuk keperluan pemeriksaan lebih lanjut maka perlu mengeluarkan penetapan penahanan.

Menanggapi putusan tersebut, sampai sekarang Anand melakukan aksi mogok makan. Anand sempat dirawat di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan hingga kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Polri Sukanto, Jakarta Timur pada hari Kamis (17/3/2011). Ia menghuni ruang Intensive Care Unit (ICU) lalu dipindahkan ke Ruang Cendrawasih III pada Kamis (24/3/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com