Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Perlu, Sita Aset Citibank

Kompas.com - 16/04/2011, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gugatan perdata terhadap pihak Citibank sudah diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2011). Pihak keluarga Irzen Octa kini masih menunggu pihak Citibank menanggapi gugatan tersebut.

"Kalau sudah masuk pengadilan, nanti semuanya pasti dipanggil dan diperiksa oleh pihak pengadilan. Sama-sama dilihat saja nanti apakah pihak Citibank datang," ujar kuasa hukum keluarga dari kantor OC Kaligis, Slamet Yuono, ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Pihak kuasa hukum keluarga Irzen Octa juga sudah menyiapkan langkah selanjutnya jika pihak Citibank tidak menanggapi gugatan ini dan tidak hadir saat dipanggil oleh pengadilan.

"Jika hal itu sampai terjadi, kami berencana melakukan penyitaan terhadap aset Citibank," kata Slamet.

Hasil dari penyitaan aset-aset Citibank nantinya akan dilelang di pengadilan dan jumlah hasil lelang akan dikembalikan kepada keluarga. Namun, sebelum melakukan sita barang tersebut, pihak kuasa hukum akan mengajukan surat eksekusi terlebih dahulu kepada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.Sebelumnya, OC Kaligis, selaku pengacara keluarga Irzen Octa, mengajukan gugatan sebesar Rp 3 triliun terhadap Citibank. Hal ini dilakukan lantaran Citibank tidak merespons somasi yang diajukan oleh Kaligis.

"Dalam hal ini, yang dirugikan kan keluarga Irzen. Anak-anaknya kehilangan ayah dan istrinya kehilangan suami. Padahal, Irzen masih punya cukup waktu untuk membesarkan anak-anaknya," ujar OC Kaligis di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis.

Kematian Irzen Octa sebagai tulang punggung keluarga ini telah menyebabkan ekonomi keluarga lumpuh dan anak-anaknya berhenti sekolah. Irzen ditemukan meninggal di kantor Citibank, Menara Jamsostek, Jalan Gatot Subroto Lantai V, Jakarta Selatan, pada Selasa (29/3/2011).

Seperti diberitakan, setelah mengantar kedua putrinya ke sekolah, Irzen mendatangi kantor Citibank untuk klarifikasi dan menyelesaikan tunggakan pembayaran kartu kredit miliknya. Namun, Irzen justru ditemukan meninggal di kantor bank tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com