Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KSI Usul Jalur Sepeda Bawah JLNT Antasari

Kompas.com - 18/04/2011, 13:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komite Sepeda Indonesia (KSI) kembali mengusulkan penambahan jalur sepeda di bawah jalan layang nontol (JLNT) Antasari-Blok M dan sepanjang jalur Kanal Banjir Timur (KBT). Hal ini dilakukan agar masyarakat semakin sadar menggunakan kendaraan ramah lingkungan untuk mengurangi efek gas buang.

Demikian disampaikan oleh Ketua KSI Syahrul Effendi, Senin (18/4/2011), saat dihubungi wartawan. "Jalur sepeda perlu dibuat di bawah jalan layang Antasari karena nantinya arus lalu lintas di Jalan Antasari akan berpindah ke atas sehingga bisa memungkinkan dibuatnya jalur sepeda," ucap Syahrul.

Selain di jalan layang Antasari, Syahrul juga menyarankan untuk membuat jalur sepeda di sepanjang KBT dan di bawah Jalan Tol Cililitan-Tanjung Priok. Pasalnya, pemakaian sepeda perlu diperluas hingga ke seluruh wilayah Jakarta.

Saat ini, pembuatan jalan sepeda secara serius baru dilakukan di Jakarta Selatan, yakni di sepanjang Taman Ayodya-Blok M. Pembuatan jalur sepeda rute pendek Taman Ayodya-Blok M sepanjang 1,5 kilometer tersebut telah masuk tahap akhir. Rencananya, pada Mei mendatang rute pendek itu akan diresmikan dan dapat digunakan bagi masyarakat umum.

"Masih dalam proses penyempurnaan dengan membuat marka dan rambu jalan khusus sepeda," kata Syahrul.

Untuk sementara ini, jalur sepeda yang disetujui hanya sistem cluster dengan lebar 1,6 meter. Syahrul Effendi yang juga Wali Kota Jakarta Selatan ini mengatakan, usulan adanya jalur sepeda juga sudah dimasukkan dalam Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2030.

"Embrionya memang dari Jakarta Selatan, tetapi kami juga ingin memfasilitasi pesepeda yang ada di wilayah lainnya," kata Syahrul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com