Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romo Benny Yakin Paskah Berlangsung Aman

Kompas.com - 21/04/2011, 20:14 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Meski dikhawatirkan adanya teror bom di terhadap gereja di Tanah Air, Sekretaris Hubungan Agama dan Kepercayaan (HAK) Komisi Wali Gereja Indonesia (KWI) Romo Benny Susetyo tetap yakin peringatan Paskah yang akan dirayakan oleh umat Kristiani hari Jumat (22/4/2011) di berbagai gereja di tanah air akan berlangsung aman dan tertib.

"Sebagai warga bangsa umat gereja lebih percaya pada Polri, ditambah hubungan sosial yang selama ini sudah terjalin baik dengan sesama umat beragama lainnya. Tidak ada benteng yang lebih kuat daripada hubungan kesejarahan itu," tegas Benny di Malang, Kamis (21/4/2011).

Benny membenarkan, ia menerima laporan kabar teror di sejumlah gereja, yang tidak dirinci. Pengurus masing-masing gereja sudah bersikap antisipatif dengan bekerja sama dengan aparat kepolisian setempat. Benny mengakui, bahwa ancaman bom ini ada kebenaran (tentang adanya ancaman), namun gereja sudah memasrahkan penanganannya pada polisi.

"Polisi dengan kemampuan profesionalnya mampu mengatasi dan mengantisipasi serta memberi rasa aman. Namun kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan sahabat-sahabat dari Ansor dan Banser yang mendukung kami dengan menurunkan Banser ke seluruh gereja. Ini untuk kesekian kalinya membuktikan bahwa umat beragama saling bersaudara," katanya.

Menurut Benny, gereja mensyukuri warisan penting almarhum KH Abdurrahman Wahid yang telah memberikan teladan kebersamaan antar umat beragama, tidak saja dengan semangat kebersamaan sebagai masyarakat sebangsa, tetapi juga atas dasar nilai kemanusiaan.

"Kami tetap yakin perayaan Paskah akan damai dan aman. Sementara terhadap ancaman keamanan, dipasrahkan kepada Polri yang profesional dalam menjalankan tugas," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com