Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis Putih di Malang Aman dan Lancar

Kompas.com - 22/04/2011, 01:52 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 3.000 orang menghadiri pelaksanaan rangkaian ibadah pada perayaan Paskah di Gereja Katedral St Albertus, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (21/4/2011) petang hingga malam.

Ibadah berlangsung aman dan lancar meski sempat dibayangi ancaman keamanan yang sudah terjadi pada gereja lain, semisal di Serpong, Tangerang.

Misa Kamis Putih di katedral itu dipimpin Sekretaris Hubungan Agama dan Kepercayaan Komisi Wali Gereja Indonesia Romo Benny Susetyo.

Suasana jalanan di Kota Malang cenderung padat karena masyarakat umumnya menikmati Kamis malam sebagai hari menjelang libur pada Jumat (22/4/2011). Kondisi lalu lintas di depan gereja, di kawasan Blimbing, agak tersendat karena memang padat dan karena parkir kendaraan.

"Kami terima laporan melalui media pesan singkat dan jejaring sosial, serta BBM (Blackberry Messenger) bahwa pelaksanaan Misa Kamis Putih di gereja-gereja seluruh Indonesia berjalan tertib dan lancar. Suasana dan pelaksanaan peribadatan berjalan kondusif, meski aparat keamanan juga berjaga-jaga," kata Benny, yang juga warga Malang.

Petugas Polres Malang di Kabupaten Malang diberitakan menyisir gereja Katolik di Kepanjen, ibu kota Kabupaten Malang, untuk mencari semua hal yang mencurigakan.

Aparat menyisir kursi, alat musik, dan seluruh bangunan gereja. Namun tak dilaporkan adanya temuan mencurigakan. "Kegiatan penyisiran dilakukan tanpa didahului laporan adanya ancaman, hanya merupakan kegiatan antisipasi," kata Benny.

Antisipasi serupa juga dilakukan terhadap gereja-gereja lain dan juga tak ada laporan adanya ancaman. Peribadatan Misa Kamis Putih di berbagai daerah pun diberitakan berjalan lancar.

Sementara itu, menurut jadwal, peribadatan masih akan berlangsung pada hari Jumat. Peribadatan Jumat Agung berlangsung pukul 15.00 dan pukul 18.00. Adapun pada pagi harinya, pukul 07.00, masih akan ada peribadatan Jalan Salib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com