Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesialis Avanza Digelandang Polisi

Kompas.com - 29/04/2011, 22:12 WIB

JAKARTA-KOMPAS.com — Kepolisian Daerah Metro Jaya berhasil menangkap 11 orang anggota sindikat pelaku pencurian mobil spesialis Avanza dan pemalsu surat kendaraan bermotor. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Herry Rudolf Nahak mengatakan, dari sindikat yang sudah beroperasi selama satu tahun ini, polisi berhasil mengamankan 13 mobil beserta surat tanda kendaraan bermotor palsu.

"Sudah hampir satu tahun sindikat ini beroperasi, dan kami berhasil mengamankan 13 mobil yang sudah menggunakan surat. Kesebelas tersangka ini merupakan satu jaringan. Ada yang berperan sebagai pemetik atau pelaku pencurian, penadah barang curian, dan pembuat surat kendaraan palsu," ujar Herry di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (29/4/2011).

Herry menambahkan, modus yang dilakukan oleh jaringan ini dengan berpura-pura menyewa mobil dari rental dan menggasak mobil yang sedang diparkir. "Mereka menggasak mobil yang diparkir di depan rumah, merusak kabel alarm mobil, kemudian merusak kunci pintu dan merusak kunci kontak mobil dengan menggunakan kunci letter T, serta berpura-pura menyewa mobil di rental dan membawa kabur mobilnya, kemudian dia membuat suratnya," ujarnya.

Herry juga menjelaskan, dari 13 mobil curian yang sudah dilengkapi surat-surat kendaraan palsu, sindikat ini kebanyakan memilih Avanza karena mudah dijual. "Satu unit Avanza laku dijual Rp 30 juta, sedangkan Innova dijual Rp 46 juta lengkap dengan surat kendaraannya," jelasnya.

Sindikat pencurian kendaraan bermotor dan pemalsu surat-surat kendaraan palsu ini terungkap berawal dari penangkapan tiga orang pelaku di wilayah Sunter, Jakarta Utara, ketika ketiganya sedang beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com