Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara pun Jadi Sasaran Aksi Buruh

Kompas.com - 01/05/2011, 17:14 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Sasaran aksi peringatan Hari Buruh Internasional di Surabaya tidak hanya terpusat di kantor Gubernur Jatim dan kantor DPRD Jatim. Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya juga menjadi sasaran aksi buruh pada peringatan May Day tahun ini, Minggu (1/5/2011).

Buruh yang menggelar aksi di Bandara Juanda hanya berjumlah ratusan dari elemen Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), dan Serikat Pekerja Nasional (SPN). Mereka datang dari Bundaran Waru, tempat mereka berkumpul.

Karena aksi tersebut, petugas gabungan dari Polda Jatim dan Polres Sidoarjo yang berjumlah 300 personil lengkap dengan water canon terpaksa menutup akses menuju Bandara Juanda dari Jalan Raya Juanda hingga perempatan Tropodo.

Kapolres Sidoarjo, AKBP Eddy Hermanto yang memimpin langsung pengamanan di lokasi mengimbau agar pengguna layanan bandara melewati jalan alternatif yakni melalui Jalan Pabean langsung masuk Pintu Tol Waru Juanda.

Menurut Juru Bicara Aliansi Perjuangan Buruh Jatim, Toha Maksum, Bandara Internasional Juanda dipilih sebagai target unjuk rasa karena para buruh ingin menyita perhatian masyarakat internasional yang memanfaatkan fasilitas bandara.

"Perburuhan adalah masalah internasional, kami ingin dunia internasional juga tahu nasib buruh di Jatim," kata Toha.

Sementara itu, sebagian besar buruh pengunjuk rasa melakukan aksi di depan kantor Gubernur dan kantor DPRD Jatim di Jalan Pahlawan. Dari Bunderan Waru menuju kantor Gubernur, puluhan ribu buruh dari Pasuruan, Mojokerto, Jombang, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik melakukan aksi jalan kaki lebih dari 3 kilometer.

Para pendemo menuntut pemberian upah layak, penghapusan outsourcing, dan penghentian upaya pemberangusan serikat buruh. "Yang terpenting, tuntutan utama kami adalah mendesak pemerintah segera melaksanakan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Aksi buruh yang menyasar bandara ini juga terjadi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, serta Bandara Sultan Hassanudin Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com