Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpera Bangun Rusunawa Baru di Palembang

Kompas.com - 05/05/2011, 13:54 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kementerian Perumahan Rakyat kembali mengalokasikan dana untuk pembangunan rumah susun sewa di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Kota Palembang Fachmi AR, di Palembang, Kamis, mengatakan, terdapat sejumlah proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di daerah ini, salah satunya rusunawa di Kecamatan Alang-Alang Lebar.

Ia menjelaskan rusunawa Alang-Alang Lebar tersebut akan dibangun dengan sistem pendanaan tahun jamak. "Ditargetkan mulai pengerjaan pada akhir 2011," katanya.

Fachmi menambahkan, berbeda dengan rusunawa di lokasi lain yang diperuntukkan bagi pedagang dan pekerja informal lainnya dengan penghasilan relatif rendah.

Rusunawa yang akan dibangun itu, kata dia diprioritaskan bagi pegawai negeri sipil golongan rendah. Pada lokasi pembangunan rusunawa baru seluas 4 hektare tersebut, akan dibangun satu tower dengan 96 ruangan. Alokasi dana untuk proyek tersebut sebesar Rp13 miliar, kata dia lagi.

Sebelumnya, Kemenpera dan Kementerian PU telah membangun rusunawa di Jalan Kasnariansyah, Palembang. Secepatnya juga akan dibangun rusunawa di kawasan Jakabaring dan Jalan Panca Usaha, ujar Fachmi.

Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra telah menargetkan pada tahun 2020 Palembang akan bebas kawasan kumuh. "Pembangunan rusunawa dan permukiman bagi masyarakat berpenghasilan rendah menjadi salah satu solusi membebaskan Palembang dari kawasan kumuh," kata Eddy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com