Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibahas, Pembatasan Truk di Tol Dalam Kota

Kompas.com - 09/05/2011, 13:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan pengalihan arus angkutan berat melewati tol lingkar luar atau Jakarta Outering Road (JORR) mulai Kamis (5/5/2011) hingga Senin (9/5/2011) dinilai cukup efektif mengurangi kemacetan di tol dalam kota. Untuk itu, pemerintah daerah DKI Jakarta berencana akan mematenkan peraturan tersebut. 

"Hari ini kami koordinasi lagi dengan Polda Metro Jaya soal realisasi pengalihan truk," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, Senin (9/5/2011), saat dihubungi wartawan. 

Selain dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, koordinasi juga dilakukan bersama dengan Pelindo, Kementrian Keuangan (Dirjen Bea Cukai), Kementerian Perekonomian, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pekerjaan Umum. "Tujuan rapat koordinasi agar ada kesepakatan untuk segera diberlakukan kebijakan ini. Karena cukup efektif mengatasi antrean kendaraan dan kemacetan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Royke Lumowa. 

Sebelumnya, Polda dan Pemprov DKI sudah mengajukan usulan pembatasan operasional truk pada pukul 22.00-06.00. Namun, pihak Pelindo masih berkeberatan lantaran penerapan kebijakan ini dikhawatirkan bisa menganggu aktivitas bongkar muat di pelabuhan Tanjung Priok. 

Penerapan kebijakan tersebut diyakini mampu mengurangi kemacetan di ibukota. Pristono menyebutkan, hal ini berkaca dari pelaksanaan pengalihan arus angkutan berat selama KTT ASEAN, tingkat kemacetan di ibukota berkurang sebanyak 30 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com