Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMAN 78 Jakarta, Satu Siswa Tak Lulus

Kompas.com - 16/05/2011, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil ujian nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA telah diumumkan hari ini, Senin (16/5/2011). Banyak sekolah yang sangat puas terkait hasil UN karena siswanya 100 persen lulus.

"Keberhasilan ini tentu merupakan kerja sama dari semua pihak, khususnya siswa-siswi kita," ujar Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Agus Suradika, di Jakarta, Senin.

Beberapa sekolah unggulan yang berhasil lulus 100 persen adalah SMAN 8, SMAN 70, SMAN 6, SMAN 81, SMA Santa Ursula, SMA Kristen BPK Penabur 1, dan masih banyak lagi. Sayangnya, berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, SMAN 78 gagal menembus 100 persen lantaran satu siswa dari program IPA dinyatakan tidak lulus UN tahun ini.

Agus mengungkapkan bahwa selama pelaksanaan UN semuanya berjalan lancar dan tidak terjadi kecurangan. Memang ada beberapa laporan dari masyarakat yang mengarah pada kecurangan UN tahun ini, tetapi setelah ditindaklanjuti, hal itu tidak terbukti.

"Kami selalu berusaha menelusuri jika ada laporan terkait kecurangan UN. Tapi, setelah ditelusuri ternyata tidak ada sama sekali," ungkap Agus.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, jumlah total peserta UN tingkat SMA/MA/SMK adalah 119.275 orang. Sebanyak 118.886 dinyatakan lulus, sedangkan 389 tidak lulus.

Adapun kriteria kelulusan tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun lalu. Nilai hasil UN hanya memiliki porsi 60 persen dari komponen nilai akhir, sedangkan 40 persen sisanya berasal dari nilai rapor dan nilai sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com