Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 5 Tahun, SMA 6 Lulus 100 Persen

Kompas.com - 16/05/2011, 15:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil ujian nasional tahun ajaran tahun ini sangat menggembirakan bagi SMA Negeri 6 yang terletak di Jalan Mahakam, Jakarta Selatan. Pasalnya, setelah lima tahun UN berjalan, baru tahun ini SMAN 6 berhasil lulus 100 persen.

"Kami merasa bersyukur karena lima tahun terakhir sekolah kami tidak sampai 100 persen, tetapi akhirnya tahun ini 100 persen juga. Senang sudah pasti dan bangga sekali pada prestasi anak-anak kami," kata guru SMA N 6, Rosianto, kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (16/5/2011).

Rosianto mengakui, tidak ada langkah-langkah khusus menjelang UN tahun ini. Semua persiapan dilakukan seperti pada tahun-tahun lalu. Kelas tambahan menjelang UN dan try out dilakukan berulang kali agar siswa siap tempur saat UN.

"Ada lima sampai enam kali try out yang dilakukan oleh sekolah dan bekerja sama dengan bimbingan belajar. Kami juga selalu siap menerima murid yang ingin memperdalam tentang pelajaran di luar jam sekolah dan itu tidak dipungut bayaran," kata Rosianto. 

Ia mengatakan, perubahan ketentuan UN tahun ini mengenai tidak adanya UN ulangan dinilai memiliki peran dalam kelulusan anak didiknya. Seperti diketahui, bagi siswa yang tidak lulus UN tidak diberi kesempatan UN ulangan, tetapi harus mengikuti ujian kejar Paket C atau mengulang tahun depan.

"Ketentuan itu tampaknya memotivasi anak-anak untuk belajar dengan keras dan lulus agar tidak mengulang. Tahun lalu ada delapan anak tidak lulus. Tetapi setelah ikut ujian ulangan, mereka lulus semua," ujar Rosianto.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, jumlah nilai rata-rata UN program IPA SMA N 6 dari 190 siswa adalah 46,31. Dengan rincian, rata-rata nilai Bahasa Indonesia 8,29, Bahasa Inggris 8,26, Matematika hanya 7,34, Fisika 7,35, Kimia 7,39, serta Biologi sebesar 7,68.

Adapun untuk program IPS, nilai rata-rata UN SMAN 6 dari 150 siswa adalah 47,65. Dengan rincian, Bahasa Indonesia memperoleh 8,21, Bahasa Inggris 8,14, Matematika 8,11, Ekonomi hanya 7,66, Sosiologi 8,06, dan Geografi hanya 7,47.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com