Pelayanan Samsat Jaksel Terganggu

Kompas.com - 19/05/2011, 12:15 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas di Samsat Jakarta Selatan pasca kebakaran pada Kamis (19/5/2011) pagi mulai berangsur normal. Pelayanan perpanjangan STNK untuk kendaraan roda dua dan roda empat sudah mulai dilakukan dari pukul 08.00 WIB. Namun, pelayanan STNK untuk kendaraan roda dua terpaksa dilakukan di luar gedung dengan menggunakan mobil Samsat Keliling.

"Perpanjangn STNK mobil sudah bisa di dalam gedung. Tapi motor masih harus di luar karena petugas masih melakukan pembersihan," ucap salah seorang petugas piket saat dijumpai di lokasi.

Pelayanan Samsat Drive Thru juga sempat terkendala. Pelayanan itu terhenti sekitar tiga jam. "Sekarang tinggal tunggu antrian terakhir ini, dan jalur Samsat Drive Thru akan mulai bisa digunakan kendaraan," ujarnya.

Ari, warga Radio Dalam, mengeluhkan kekurangsigapan petugas di lapangan saat peristiwa darurat terjadi. Pria yang hendak mengurus perpanjangan STNK motornya ini harus bersabar menunggu giliran untuk mendapatkan STNK baru.

"Saya sudah satu jam lebih menunggu di sini. Harusnya loket kasir dan pengambilan STNK itu jadi dua loket. Kalau cuma satu, akan terjadi penumpukan. Jadi kami kan terpaksa nunggu lama," tuturnya.

Dia membandingkan saat pelayanan Samsat dilakukan di dalam gedung, satu jam sudah jadi. Hal ini karena pelayanan di dalam gedung memiliki banyak loket.

Tukidi, warga Ragunan, justru terpaksa mengurungkan niatnya untuk melakukan perpanjangan pajak lima tahunan. "Saya Belum tahu ada kebakaran dan ada pengalihan. Datang datang tahunya enggak bisa. Sebenarnya enggak kecewa, hanya khawatir kena denda," tuturnya.

Akibat kebakaran di lantai tiga kantor Samsat Jakarta Selatan Polda Metro Jaya yang terjadi Kamis (19/5/2011) pagi, sekitar pukul 05.45 WIB, perpanjangan STNK untuk sementara dialihkan ke berbagai wilayah di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penumpukan di kantor Samsat Jakarta Selatan yang terletak di komplek Polda Metro Jaya.

"Untuk sementara pengalihan akan dialihkan ke seluruh Samsat di seluruh Jakarta, juga melalui bus keliling yang disediakan di sejumlah samsat," ujar Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI, Iwan Setiawandi di Jakarta, Kamis (19/5/2011).

Selain itu, warga juga bisa memanfaatkan fasilitas Samsat Keliling Tanjung Barat (Jakarta Selatan), Kelapa Gading (Jakarta Utara), Lapangan Benteng (Jakata Pusat), Carefour Puri Kembangan (Jakarta Barat), dan Pasar Kramat Jati (Jakarta Timur).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.