Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelayanan Samsat Jaksel Terganggu

Kompas.com - 19/05/2011, 12:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas di Samsat Jakarta Selatan pasca kebakaran pada Kamis (19/5/2011) pagi mulai berangsur normal. Pelayanan perpanjangan STNK untuk kendaraan roda dua dan roda empat sudah mulai dilakukan dari pukul 08.00 WIB. Namun, pelayanan STNK untuk kendaraan roda dua terpaksa dilakukan di luar gedung dengan menggunakan mobil Samsat Keliling.

"Perpanjangn STNK mobil sudah bisa di dalam gedung. Tapi motor masih harus di luar karena petugas masih melakukan pembersihan," ucap salah seorang petugas piket saat dijumpai di lokasi.

Pelayanan Samsat Drive Thru juga sempat terkendala. Pelayanan itu terhenti sekitar tiga jam. "Sekarang tinggal tunggu antrian terakhir ini, dan jalur Samsat Drive Thru akan mulai bisa digunakan kendaraan," ujarnya.

Ari, warga Radio Dalam, mengeluhkan kekurangsigapan petugas di lapangan saat peristiwa darurat terjadi. Pria yang hendak mengurus perpanjangan STNK motornya ini harus bersabar menunggu giliran untuk mendapatkan STNK baru.

"Saya sudah satu jam lebih menunggu di sini. Harusnya loket kasir dan pengambilan STNK itu jadi dua loket. Kalau cuma satu, akan terjadi penumpukan. Jadi kami kan terpaksa nunggu lama," tuturnya.

Dia membandingkan saat pelayanan Samsat dilakukan di dalam gedung, satu jam sudah jadi. Hal ini karena pelayanan di dalam gedung memiliki banyak loket.

Tukidi, warga Ragunan, justru terpaksa mengurungkan niatnya untuk melakukan perpanjangan pajak lima tahunan. "Saya Belum tahu ada kebakaran dan ada pengalihan. Datang datang tahunya enggak bisa. Sebenarnya enggak kecewa, hanya khawatir kena denda," tuturnya.

Akibat kebakaran di lantai tiga kantor Samsat Jakarta Selatan Polda Metro Jaya yang terjadi Kamis (19/5/2011) pagi, sekitar pukul 05.45 WIB, perpanjangan STNK untuk sementara dialihkan ke berbagai wilayah di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penumpukan di kantor Samsat Jakarta Selatan yang terletak di komplek Polda Metro Jaya.

"Untuk sementara pengalihan akan dialihkan ke seluruh Samsat di seluruh Jakarta, juga melalui bus keliling yang disediakan di sejumlah samsat," ujar Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI, Iwan Setiawandi di Jakarta, Kamis (19/5/2011).

Selain itu, warga juga bisa memanfaatkan fasilitas Samsat Keliling Tanjung Barat (Jakarta Selatan), Kelapa Gading (Jakarta Utara), Lapangan Benteng (Jakata Pusat), Carefour Puri Kembangan (Jakarta Barat), dan Pasar Kramat Jati (Jakarta Timur).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com