Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikeluhkan, Biaya Parkir Ganda di Senayan

Kompas.com - 22/05/2011, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengguna lahan parkir mengeluhkan biaya parkir ganda yang harus dibayarkan di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan.

Selain harus membayar tarif parkir saat memasuki Gelora, pengguna parkir masih harus merogoh kocek untuk membayar pungutan yang ditagih para juru parkir ketika akan keluar lahan parkir.

Agus (38), pengunjung kawasan Istora Senayan yang datang dari Depok, mengungkapkan hal itu, Minggu (22/5/2011). "Ya sebetulnya sih secara manusiawi merasa dirugikan juga dong. Harusnya mah parkir cukup di depan saja," katanya.

Agus yang mengendarai mobil mengaku telah membayar karcis masuk senilai Rp 3.000 di awal. Kemudian ia harus membayar lagi kepada juru parkir sekurangnya Rp 2.000. Meskipun juru parkir tersebut tidak memaksa, Agus merasa sedikit terganggu dengan adanya pungutan yang ia nilai liar namun terkoordinasi itu.

"Mengganggu ya, tadi saja saya baru datang sudah dimintai. Saya bilang saja, nanti kalau sudah keluar," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Dedi (30). Menurut dia, fasilitas parkir yang disediakan tidak sesuai dengan nilai total pungutan tarif parkir yang harus dibayar. "Fasilitasnya saja, tempat parkirnya dilebihin lagi, tadi masuk saja muter-muter dulu nyarinya, susah," katanya.

Ketidaknyamanan menggunakan parkir di Gelora Bung Karno, lanjutnya, semakin terasa saat penuh pengunjung. "Saat hari libur, banyak event, kalau sudah siang mau parkir susah," ujarnya.

Pengunjung lainnya, Rini (25), menilai, sebaiknya juru parkir liar yang memungut tarif di dalam kawasan Gelora Bung Karno segera ditertibkan. "Karena merugikan kita juga, di depan sudah bayar, masih harus bayar lagi," katanya.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, sejumlah juru parkir liar tampak beroperasi di kantong-kantong parkir Gelora Bung Karno. Mereka tampak memiliki wilayah "jaga" masing-masing. Seorang juru parkir menjaga sekian meter area parkir.

Pakaian mereka tampak tidak seragam. Mereka memungut sejumlah uang dari pengguna parkir saat kendaraan yang ditumpangi keluar area parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com