Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Sembelit pada Anak

Kompas.com - 24/05/2011, 07:34 WIB

TANYA:

Dok, semenjak anak saya ganti susu tahap 2 di usia 7 bulan, setiap BAB selalu keras. Sampai sekarang usianya 21 bulan. Setiap hari saya sudah memberinya buah dan sayuran, tapi BAB-nya tetap keras. Bahkan sudah 5 bulan terakhir ini setiap mau BAB harus pakai Microlax.

Jika tidak, ia tidak bisa BAB. Saya sudah konsultasi ke dokter anak, menurutnya, bayi saya sembelit karena tidak diberi ASI sejak lahir. Benarkah demikian, Dok? Yang ingin saya tanyakan, apakah efek samping pemakaian Microlax dalam jangka panjang? Bisakah BAB keras itu sembuh jika frekuensi minum susunya sudah berkurang?

Retno (24), Jakarta

 

JAWAB

Mengingat saat ini usianya sudah mendekati 2 tahun, sebaiknya kurangi asupan susu formulanya. Saat ini lebih baik difokuskan pada diet/makanan saja. BAB yang keras tersebut bisa saja disebabkan faktor susu atau mungkin ada faktor-faktor lain yang mesti dicari dengan cara berkonsultasi langsung dengan dokternya. Perbanyak/persering minum air putih, diet cukup serat seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air, toilet training yang baik.

Sebaiknya penggunaan obat-obatan seperti Microlax dihindari agar tidak timbul efek samping yang tidak diinginkan di kemudian hari. Mengenai pemberian ASI sejak lahir dan sembelit sampai saat ini, masih perlu diperdebatkan dan rasanya tidak akan banyak manfaatnya pembahasan tersebut, sebaiknya adalah dengan memperbaiki komposisi dietnya seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com