Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cinere-Jagorawi Seksi I Siap Beroperasi

Kompas.com - 25/05/2011, 03:25 WIB

Depok, Kompas - Pemerintah menargetkan Tol Cinere-Jagorawi Seksi I bakal beroperasi 17 Agustus 2011. Proses pembangunan ruas ini sudah selesai 70 persen dari seluruh target yang ditetapkan. Pelaksana proyek tinggal berhadapan dengan faktor cuaca dan menyelesaikan pembebasan empat rumah yang masih berdiri di jalur utama tol.

”Saya yakin operasional tol sesuai target. Pelaksana proyek sudah membangun sesuai dengan standar kelayakan tol. Hanya saya meminta TPT (tim pembebasan tanah) segera menyelesaikan pembebasan rumah di jalur utama,” tutur Yusit Toyib, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), di lokasi pembangunan, Selasa (24/5), di Depok.

Yusit berharap sebelum 17 Juli pengerjaan fisik Tol Cinere-Jagorawi Seksi I selesai dikerjakan. Seksi I ini membentang dari ruas Tol Jagorawi Kilometer 16 sampai ke Jalan Raya Bogor, sepanjang 3,2 kilometer.

Pengamatan Kompas, simpang susun yang menghubungkan Tol Jagorawi dengan Tol Cinere-Jagorawi sudah terbangun. Pengerjaan proyek terfokus pada pembangunan bentangan jalan menuju arah Jalan Raya Bogor.

Selain tim BPJT, peninjauan ke lokasi proyek dihadiri Ketua TPT Sugandhi dan unsur PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ), sebagai investor Tol Cinere-Jagorawi.

Konstruksi

Salah satu keunggulan Tol Cinere-Jagorawi terletak pada komposisi konstruksi jalan. Yusit memuji konstruksi jalan tol ini karena berbeda dengan konstruksi jalan tol pada umumnya. Ruas tol ini memakai konstruksi perkerasan kaku dan satu lapisan untuk memperkuat daya dukung jalan. Lapisan itu juga berfungsi sebagai sarana untuk mengalirkan air jika masuk badan jalan.

”Model konstruksi ini sangat tepat bagi jalan yang berada di wilayah dengan curah hujan tinggi,” kata Yusit.

Direktur Utama PT TLKJ Bambang Hartanto mengatakan, secara umum, tidak ada kendala berarti dalam pengerjaan proyek. Semua pengerjaan tinggal menyesuaikan jadwal.

”Pengoperasian Seksi I pertengahan Agustus sudah tepat. Selain kami sudah siap, masa konsesi pengusahaan sudah jalan,” katanya. (NDY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com