Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Apung Siap Dikeringkan

Kompas.com - 25/05/2011, 11:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jakarta Barat berencana akan membangun rumah pompa seharga Rp 14 miliar di Kampung Apung, Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat dalam tahun ini. Pembangunan itu bertujuan untuk mengeringkan kampung yang selama ini dikenal selalu digenangi air.

Proyek pembangunan rumah apung di Kampung Apung itu, kata Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Kota Jakarta Barat, Heriyanto, akan dianggarkan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) Pemkot Jakbar tahun 2011 yang direncanakan akan turun pertengahan tahun ini.

"Target kami dalam tahun ini pembangunan rumah pompa itu selesai," kata Heriyanto, Rabu (25/5/2011).

Pengeringan Kampung Apung, kata Heri, selama ini terkendala lokasi pompa yang jauh dari kampung sehingga tidak berdampak maksimal. "Sebenarnya pompa sudah ada, tapi berjarak satu kilometer dari Kampung Apung, jadi tidak maksimal," katanya.

Lokasi pompa baru nantinya akan dibangun tepat di pinggir Kali Angke. Selain itu, kata Heri, pihak suku dinas juga akan membuat saluran air baru di sepanjang Jalan Kapuk, selebar dua meter dengan dalam tiga meter. "Panjangnya saluran air itu nantinya dua kilometer," kata Heri.

Berdasarkan catatan Suku Dinas PU Tata Air Jakbar, sampai tahun ini Jakarta Barat baru memiliki 36 rumah pompa. Pada 2012 pihaknya akan menambah sekitar 10 hingga 20 pompa baru sehingga potensi banjir besar dalam siklus lima tahunan bisa diminimalisir.

"Kami menganggarkan Rp 4-5 miliar per pompa," pungkas Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com