Besok, Sidang Gayus Mulai Digelar

Kompas.com - 30/05/2011, 17:03 WIB
EditorAgus Mulyadi

TANGERANG, KOMPAS.com — Pengadilan Negeri (PN) Tangerang akan menggelar sidang perdana perkara pemalsuan paspor dengan terdakwa Gayus Halomoan P Tambunan, Selasa (31/5/2011). Sidang digelar setelah 13 hari Kejaksaan Negeri Tangerang melimpahkan berkas perkara bernomor 848/PIN.SUS/2011/PNTNG ke PN.

Syamsul Bachri Harahap, ketua majelis hakim untuk perkara ini, Senin (30/5/2011), mengatakan siap menggelar persidangan tersebut.

"Sidang siap digelar. Waktunya tergantung kapan jaksa penuntut umum bisa menghadirkan terdakwa," kata Syamsul kepada wartawan.

Secara terpisah, Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Bambang Setyadi, yang juga anggota Satuan Tugas Pidana Umum Kejaksaan Agung, juga siap membacakan dakwaan perkara pemalsuan paspor tersebut. Dakwaan itu setebal 27 halaman.

Selain Bambang, JPU dilengkapi dengan tujuh jaksa penuntut, empat di antaranya dari Kejaksaan Negeri Tangerang, yakni Kepala Seksi Pidana Umum Semeru, serta Riyadi, Putri Ayu, dan Retno Istianty.

Dalam dakwaannya, terdakwa Gayus akan dijerat Pasal 55 huruf a dan Pasal 55 huruf c Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 tentang Keimigrasian serta Pasal 266 ayat 2 KUHP dan Pasal 263 ayat 2 jo Pasal 55 KUHP. Ancaman hukuman adalah tujuh tahun kurungan penjara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.