Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Bistik Aa, Siap-siap Antre...

Kompas.com - 01/06/2011, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Sewaktu saya ke Bandung week end kemarin, Kakak saya mengajak saya ke daerah Astana Anyar untuk mencoba Bistik Ayam yang menurutnya enak banget. Malam itu kami sampai di Astana Anyar sekitar jam 9 malam, nama tempat makannya adalah Aa Bistik. Wahh ramai amat, Aa Bistik hanya berupa warung tendaan, bukan rumah makan tapi nampaknya penggemarnya sangatlah banyak. Saya harus menunggu satu jam untuk seporsi bistik ayam, hmm... agak kesel juga sih karena terlampau lama menunggu si abangnya meracik bumbu kuah bistiknya lagi, karena dia kehabisan kuah bistiknya.

Dalam hati saya berharap semoga bistiknya seenak yang saya harapkan, supaya pengorbanan saya menunggu satu jam tidak sia-sia he-he... Saya rasa tidak hanya saya yang kesal, semuanya sudah tidak sabar sampai ada yang berdiri di belakang abangnya melototin si abang membuat bumbunya.

Menu favorit disini adalah Bistik Ayam, sebenarnya masih ada menu lainnya seperti Cah Jamur, Fu Yung Hay, Kuluyuk, Cap Cay goreng, Kwetiaw Goreng, dan Mie Goreng. Tapi rasanya hampir semuanya memesan bistik ayam, saya melihat pelayan yang lain menggoreng ayamnya di meja sebelah.

Ayamnya berupa fillet yang di iris memanjang dan tipis kemudian dicelupkan ke telur, baru deh di baluri dengan tepung kemudian digoreng di minyak panas. Seporsi bistik ayam berisi ayam goreng tepung yang lumayan banyak juga, plus kentang goreng yang digoreng tipis-tipis, dan ada sayuran buncis rebus juga.  Kemudian diberi kuah bistik yang berwarna kecoklatan, dan tidak terlalu kental, cenderung encer malahan. Kuah bistiknya terbuat dari air, kecap, mentega, garam, dan lada.

Rasanya?? Yummy banget!!  Ayam goreng tepungnya terasa gurih dan empuk, enak banget disantap dengan kuah bistiknya yang terasa manis gurih. Yummy ... kentang gorengnya juga sangat enak untuk dicocol dengan kuahnya. Bistik Ayam ini begitu sederhana, hanya ayam goreng tepung yang diberi kuah sederhana juga, tapi rasanya tidak kalah dengah bistik di resto-resto.

Cobain deh teman-teman, tapi lebih baik datang ketika masih sore kali ya supaya tidak mengantre seperti saya. Untung saja rasa bistik ayamnya enak, jadi tidak ada rasa penyesalan sudah menunggu lama. Selamat mencoba bistik ayam ala AA Bistik. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com