Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Lahir Caesar Berbakat Gemuk?

Kompas.com - 03/06/2011, 11:46 WIB

KOMPAS.com — Studi terbaru dari Brasil menemukan satu teori yang cukup kontroversial. Studi ini menemukan kaitan antara kelahiran melalui operasi caesar dan problem kelebihan berat badan yang dialami bayi saat tumbuh dewasa.

Menurut tim peneliti, ada beberapa faktor yang dapat menjelaskan kaitan antara dua hal ini, yaitu berat badan lahir yang tinggi (sehingga tidak dapat dilahirkan dengan cara normal atau alami) serta tingkat pendidikan dan ekonomi orangtua (ibu yang berpendidikan lebih tinggi memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk melahirkan melalui operasi). Persentase terjadinya obesitas di masa dewasa pada anak-anak yang lahir Caesar ini, menurut Dr Helena Goldani dan rekan-rekannya, bisa mencapai 58 persen.

Lebih lanjut, Goldani, yang berasal dari Universidade Federal do Rio Grande do Sul di Porto Alegre, menerangkan bahwa bayi-bayi yang lahir melalui operasi caesar tidak terpapar bakteri baik yang terdapat di liang lahir ibunya. Ini membuat mereka butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan Bifidobacteria dan mikroba lainnya yang dapat berpengaruh terhadap metabolismenya. Selain itu, orang dewasa yang obesitas cenderung memiliki bakteri baik itu dalam jumlah lebih sedikit di saluran pencernaannya dibandingkan dengan orang berbadan normal.

Sementara itu, banyak peneliti lain yang meragukan hasil riset ini. "Studi ini tidak memerhatikan beberapa faktor lain yang mungkin berhubungan, seperti berat badan ibu saat melahirkan," kata Dr Xavier Pi-Sunyer, Direktur New York Obesity Research Center di St Luke's Hospital.

Ibu yang memiliki tubuh obesitas lebih cenderung melahirkan melalui operasi caesar dibandingkan wanita dengan berat badan ideal. Selain itu, ibu yang obesitas berisiko untuk memiliki anak dengan berat badan berlebih atau obesitas juga.

"Data ini tidak diperhitungkan dalam riset Goldani," kata Pi-Sunyer. Selain itu, lanjutnya, ada baiknya riset ini lebih dikembangkan dengan juga memasukkan data seputar gangguan diabetes selama kehamilan untuk menunjukkan sejauh mana operasi caesar memang berkaitan erat dengan obesitas.

Saat ini, Brasil adalah salah satu negara dengan tingkat operasi caesar tertinggi di dunia. Sekitar 2.057 orang dewasa yang ikut dalam riset ini lahir pada dekade akhir tahun 1970-an dan 32 persen di antaranya dilahirkan melalui operasi. Kini, tingkat kelahiran melalui operasi di Brasil sudah mencapai 44 persen dan sebagian dianggap tidak perlu dari segi medis. Artinya, sebenarnya para ibu masih bisa melahirkan dengan cara normal.

Dengan adanya riset terbaru ini, diharapkan para calon ibu akan lebih mempertimbangkan kebutuhannya untuk menjalani operasi caesar sehingga persentasenya otomatis dapat lebih ditekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com