Hakim Anand Krishna Diganti

Kompas.com - 08/06/2011, 13:54 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Herry Swantoro menunjuk Albertina Ho sebagai hakim pengganti Hari Sasangka yang mengadili perkara Anand Krisna. Penetapan pergantian majelis hakim itu berdasarkan nomor keputusan 1054/Pid.B/2010/PN.Jkt.Sel pada tanggal 7 Juni 2011 dengan ditandatangani Ketua PN Jakarta Selatan Herri Swantoro. Hal ini dijelaskan Humas PN Jakarta Selatan, Ida Bagus Dwiyantara di PN Jakarta Selatan.

"Menetapkan menunjuk Albertina Ho sebagai ketua majelis, Muhammad Razzad sebagai hakim anggota majelis, dan Suko Harsono sebagai hakim anggota majelis," kata Ida saat ditemui di PN Jakarta Selatan, Jalan Raya Ampera 133, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2011).

Ida mengatakan, pertimbangan pergantian tersebut karena Hari Sasangka telah menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Ambon.

"Maka untuk melanjutkan pemeriksaan perkara dimaksud, perlu ditunjuk majelis hakim yang baru untuk melanjutkan pemeriksaan perkara dimaksud," ujarnya.

Lebih lanjut Ida mengatakan, ada pertimbangan lain karena adanya laporan dari Komunitas Pecinta Anand Ashram (KPAA) tertanggal 7 Juni 2011.

"Maka untuk obyektivitas perkara tersebut perlu ditunjuk majelis hakim yang baru," tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya , Komunitas Pecinta Anand Ashram (KPAA) mendatangi PN Jaksel, Rabu. Kedatangan mereka untuk menemui Ketua PN Jaksel, Herri Swantoro terkait pelanggaran etika yang dilakukan oleh Ketua Majelis Hakim Hari Sasangka. Hari adalah yang menjadi pimpinan persidangan perkara Anand Krishna. Hari dituding berhubungan langsung dengan salah seorang saksi yang memberatkan bernama Shinta Kencana.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X