Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiamen Terus Berdenyut...

Kompas.com - 10/06/2011, 11:04 WIB

Hari masih pagi ketika pada pertengahan April lalu kami menjejakkan kaki di Xiamen, sebuah kota pelabuhan yang merupakan ibu kota Provinsi Fujian, China. Perjalanan Jakarta-Xiamen kami tempuh selama lima jam dengan maskapai Air China.

Udara dingin terasa menyergap kulit. Sejenak, kantuk yang menggelayut selama penerbangan menguap bersama dingin. Dua jam setelah mengistirahatkan mata dan merebahkan tubuh yang penat, kami memulai perjalanan untuk mengenal Xiamen.

Sekilas, tak ada yang istimewa dengan Xiamen. Kota yang disebut sebagai pintu gerbang China ini terkesan terlalu tenang. Jalan raya yang lebar, di beberapa ruas hingga tiga sampai empat jalur, hanya dilewati beberapa kendaraan bermotor. Tak tampak kesibukan kota yang padat, lalu lintas yang macet, dan lalu lalang orang yang tergesa menyelesaikan hari.

Dugaan Xiamen bukan kota yang menarik pupus setelah beberapa saat menjelajah sudut- sudut kota Xiamen. Kesimpulan yang paling pas adalah di tengah suasana yang tenang, sesuatu yang besar tengah terjadi di kota yang sejak tahun 1980 telah dijadikan kawasan ekonomi khusus di China.

Kota yang sejak tahun 2006 menjadi sister city dengan Surabaya, Jawa Timur, ini terlihat tengah sibuk membangun.

Pemerintah kota membangun jalan tol, jalan layang, terowongan bawah laut, hotel berbintang, hingga gedung pertemuan. Salah satunya dengan cara mereklamasi laut.

Di kawasan yang berdekatan dengan bandara, sekitar 15 menit perjalanan darat, ”denyut” nadi pembangunan itu terlihat nyata. ”Kawasan ini memang direncanakan menjadi pusat kota baru Xiamen,” ujar Victor Qiu, pemandu wisata dari C & D Travel Xiamen.

Di kawasan baru Xiamen, tak ada permukiman kumuh karena seluruh penghuninya dipindahkan ke luar kota. Sebagai gantinya, pemerintah setempat membangun apartemen.

Sebuah hotel bintang 5 didirikan di kawasan itu untuk menampung berbagai kegiatan berupa event skala besar. Tahun ini, Xiamen direncanakan memiliki 10 hotel bintang 5 yang siap menampung hingga 30.000 tamu.

Selain ngebut dengan berbagai pembangunan, Pemerintah Xiamen juga banyak menerapkan kebijakan yang patut diacungi jempol. Beberapa di antaranya adalah luas kawasan hijau, pengolahan limbah, dan peraturan berlalu lintas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com