Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malut Targetkan 2012 Jadi Tujuan Wisata

Kompas.com - 11/06/2011, 18:21 WIB

TERNATE, KOMPAS.com — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Maluku Utara (Malut) menargetkan 2012 akan menjadi tujuan kunjungan wisata domestik maupun mancanegara. "Tahun 2012 akan digelar Sail Morotai dan sebelumnya diadakan berbagai festival pariwisata di sejumlah kabupaten/kota di provinsi tersebut," kata Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Disbudpar Malut, Ihwanuddin, di Ternate, Sabtu (11/6/2011).

Ihwanuddin menjelaskan, 2010 kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 7.000 orang, wisatawan domestik 680 orang, kunjungan wisatawan itu dipastikan meningkat hingga 2012. "Apalagi adanya Sail Morotai 2012 diperkirakan kunjungan wisatawan bisa menembus angka 20 ribu. Masyarakat diminta mendukung berbagai program pemerintah setempat dan tetap menjaga kamtibmas," katanya.

Menurut Ihwanuddin, sejumlah kabupaten/kota di Malut saat ini sedang gencar mempromosikan daerahnya dengan melaksanakan berbagai festival untuk menarik minat para wisatawan berkunjung.

Misalkan Kabupaten Halmahera Barat saat ini sedang siapkan Festival Teluk Jailolo untuk memperkenalkan berbagai obyek wisata laut di kabupaten itu. Begitu pula di Kota Ternate sedang menggelar Festival Legu Gam (pesta rakyat) yang biasanya digelar setiap tahun bertepatan dengan hari ulang tahun Sultan Ternate Mudaffar Syah. Momen ini dijadikan sebagai promosi budaya Kesultanan Ternate.

Selain itu, berbagai keindahan panorama alam dan berbagai peninggalan sejarah seperti benteng di sejumlah kabupaten/kota di Malut akan menjadi target para wisatawan berkunjung ke Malut.

Ihwanuddin menambahkan, adanya berbagai festival kebudayaan dan pariwisata di Malut dipastikan angka kunjungan wisatawan ke Malut kian meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com