"Traffic Cone" Dipasang di Plaza Semanggi

Kompas.com - 14/06/2011, 09:43 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Upaya meminimalisasi kemacetan di sekitar Jalan Gatot Subroto atau tepatnya di samping Plaza Semanggi (Plangi) terus dilakukan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Setelah pemasangan movable concrete barrier (MCB) di kawasan itu diambil paksa oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kini Ditlantas dan Dishub DKI menggantinya dengan memasang kerucut plastik (traffic cone). Petugas juga disiagakan untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan tersebut.

“Kami sudah tiga kali menutup jalan itu. Tapi, lagi-lagi dibuka. Kami biarkan masyarakat yang menilai sendiri bagaimana efeknya,” ujar Udar Pristono, Kepala Dishub DKI di Balaikota, Senin (13/6/2011).

Dibukanya kembali jalan itu berdampak pada kemacetan di sekitar lokasi. Mengingat di lokasi itu terdapat tiga pertemuan arus lalu lintas. Untuk mengatasi kemacetan yang terjadi, petugas pun memasangkan traffic cone mulai pukul 15.00 hingga kemacetan dapat terurai.

"Kami lihat selama sepekan sampai dua pekan dulu. Kami menginginkan mereka yang menutup sendiri karena masyarakat sudah keberatan," kata Pristono.

Sementara itu, mengenai pembangunan jalan alternatif, ia mengatakan pasti akan dibuat namun masih membutuhkan waktu. Untuk menyiasati hal itu, ia menyarankan agar para pengendara dapat merencanakan perjalanan terlebih dahulu.

"Karena memang akses sudah ditutup, pengendara harus melalui jalan lain, dan itu bisa direncanakan sebelum pergi," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga saat ini, laporan Dishub DKI ke Polda Metro Jaya, atas pengambilan paksa separator MCB masih dalam proses. Namun, hingga kini belum ada pemanggilan terhadap pihak Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Seperti diberitakan sebelumnya, LVRI sempat membongkar separator MCB yang dipasang di samping Plaza Semanggi, hingga tiga kali. Mereka menilai, dengan adanya separator itu mempersulit akses mereka menuju kantornya yang berada satu kompleks dengan Plaza Semanggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.