Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebisingan Jalan Antasari di Ambang Batas

Kompas.com - 15/06/2011, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait pembangunan jalan layang non-tol Antasari-Blok M, evaluasi analisis mengenai dampak lingkungan triwulan kedua periode Maret-Mei menunjukkan hasil yang cukup baik. Namun, tingkat kebisingan di wilayah tersebut nyaris melebihi ambang batas, meski masih terbilang normal.

"Analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) untuk tiga bulan kedua sudah diserahkan ke Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD). Rata-rata baik, kecuali tingkat kebisingan yang mendekati ambang batas," kata Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum Novizal di Jakarta, Rabu (15/6/2011).

Novizal mengatakan, pada evaluasi amdal triwulan ketiga periode Juni-Agustus nanti diperkirakan tingkat kebisingan dapat berkurang. Saat itu, pemasangan tiang pancang diharapkan sudah selesai.

Kriteria amdal lainnya yang juga diteliti terkait dengan polusi udara, kemacetan, dan kualitas air tanah. Sejauh ini, hasilnya masih sama dengan sebelum adanya pembangunan jalan layang.

Sementara itu, evaluasi terhadap kemacetan justru menunjukkan penurunan titik jenuh di simpang Kemang, dari 1,05 persen menjadi 0,85 persen. Hal ini terjadi sebab para pengendara menghindari ruas simpang Kemang karena adanya pembangunan.

Novizal mengatakan, hasil evaluasi amdal yang diserahkan kepada BPLHD DKI Jakarta nanti hanyalah amdal triwulan kedua dan ketiga. Adapun amdal pada triwulan pertama periode Desember-Februari tidak dievaluasi karena masih tahap koordinasi.

"Evaluasi berikutnya akan diserahkan pada akhir Agustus mendatang," ujar Novizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com