Kirab Budaya di Malioboro Memukau Warga

Kompas.com - 20/06/2011, 18:13 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan seniman Yogyakarta, solo dan dari berbagai daerah, Senin (20/6/2011) sore memukau ribuan warga dan wisatawan di sepanjang Jalan Malioboro, dalam Kirab budaya pembukaan pasar seni Festival Kesenian Yogyakarta ke 23.

Ketua panitia, Ryan Dwi Nugroho mengatakan, Kirab budaya kreatifitas di antara gunung dan samudra ini mengambil tema "Gayeng ki" dan diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen. "Ada dukungan drumband dari TNI angkatan darat, Batik karnival, jathilan dan kirab anak-anak membawa wayang kulit serta tari kolosal," ujar Ryan di sela-sela acara di Malioboro.

Tari kolosal, lanjutnya, dimainkan oleh ratusan penari dari berbagai daerah sambil membawa mahkota sempat memukau penonton. Tari kolosal dengan judul " Mahkota kejayaan untuk Yogyakarta" dibawakan oleh penari anak-anak dan dewasa.

Kemudian diikuti kesenian jathilan dari kelompok kesenian "Wahyu turonggo mudho" dari Pajangan Bantul Yogyakarta. Atraksi para pemain jathilan menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan sejumlah wisatawan manca negara menyempatkan diri mengabadikan kesenian tradisional ini.

Selain itu, ada pula batik karnival Solo. Puluhan gadis cantik dengan hiasan beraneka warna dari kain batik sangat menarik perhatian warga masyarakat yang menyaksikan.

Sementara itu, Pasar Seni Festival Kesenian Yogyakarta ke 23, di gelar di Benteng Vredeburg selama satu bulan lebih. Berbagai macam kerajinan hasil karya para perajin Yogyakarta akan dijual. "Kami berharap potensi kerajinan Yogyakarta dapat dimaksimalkan di Pasar Seni FKY ini, sehingga dapat menambah pendapatan asli daerah," ungkap Ryan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X