Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Mana Merayakan HUT Jakarta?

Kompas.com - 22/06/2011, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Kota Jakarta merayakan ulang tahun, Rabu (22/6/2011). Beberapa obyek wisata di Jakarta pun ikut memeriahkan perayaan ulang tahun Jakarta yang ke-484. Aneka pentas hiburan maupun atraksi wisata digelar. Sebut saja mulai dari ikon-ikon wisata Jakarta seperti Ancol, Monumen Nasional, dan Taman Mini Indonesia Indah. Beberapa kawasan telah melakukan rangkaian kegiatan ulang tahun satu minggu sebelum hari ulang tahun sampai satu minggu setelah hari ulang tahun.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Rabu (22/6/2011), menyelenggarakan aneka kesenian daerah Betawi. Namun kemeriahan nuansa Betawi tidak hanya berlangsung saat ulang tahun. Pada Minggu (26/6/2011) di Anjungan Daerah DKI yang berada di kawasan TMII, akan diselenggarakan beberapa pentas kesenian khas Betawi seperti tarian dan pertunjukan musik tradisional.

"Di hari Minggu nanti ada ondel-ondel di Anjungan DKI," kata Asisten Manajer Komunikasi Promosi TMII Gunawan Wibisono. Sementara itu bersiaplah merasakan malam ala Tahun Baru di Monumen Nasional (Monas). Karena, pertunjukan kembang api akan menghiasi langit malam Monas. Kembang api akan dimulai pada pukul setengah sembilan malam pada Rabu, (22/6/2011).

"Memang ledakannya tidak akan sekuat seperti tahun baru, tapi kembang api akan berlangsung selama tiga puluh menit," kata Ika selaku pelaksana kembang api di Monas.

Sementara itu Ancol Taman Impian menyelenggarakan panggung musik di area wahana baru Fantastique Multimedia Show, Ocean Ecopark. Tak hanya itu, khusus di hari ulang tahun DKI, yaitu Rabu (22/6/2011), setiap pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis masuk gerbang Ancol Taman Impian sejak pukul 6 pagi hingga pukul 12 malam nanti.

Pemerintah daerah DKI sendiri menyelenggarakan aneka festival selama perayaan ulang tahun DKI. Festival itu antara lain Festival Pasar Baru di Jakarta Pusat, Festival Pesisir di Jakarta Utara, Festival Wisata Kuliner di Jakarta Timur, Festival Palang Pintu di Jakarta Selatan, Festival Bahari di Kepulauan Seribu serta Festival Betawi dan Festival Sentra Primer Barat di Jakarta Barat.

"Tanggal tiga sampai enam belas Juli ada Festival Bahari di Kepulauan Tidung. Kegiatannya antara lain lomba foto pantai dan under water," kata Bupati Kepulauan Seribu, Achmad Ludfi. Festival Bahari 2011 juga akan dimeriahkan dengan lomba perahu dan lomba renang. Sedangkan tepat pada hari ulang tahun DKI, hiburan lenong akan diselenggarakan di Pulau Panggang pada malam hari.

Jangan lupa untuk berkunjung ke pameran yang selalu dinantikan warga Jakarta yang telah menjadi agenda tahunan sejak 1968, yaitu Jakarta Fair. Jakarta Fair 2011 berlangsung dari 9 Juni 2011 hingga 10 Juli 2011 di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran. Kembang api juga akan memeriahkan konser musik di area Jakarta Fair 2011 di malam ulang tahun DKI.

 

   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com