Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelni Manokwari Temukan Tiket Palsu

Kompas.com - 23/06/2011, 14:13 WIB

 

MANOKWARI, KOMPAS.com  - Penyisiran tiket kapal laut di Pelabuhan Manokwari menemukan 20 penumpang dengan tiket palsu. Pemalsuan dilakukan dengan cara mengubah data tujuan dan harga di tiket.

Kepala Cabang PT Pelni Manokwari Roberto Siregar mengatakan, Kamis (23/6/2011), saat penyisiran tiket dengan polisi sektor pelabuhan laut, menemukan 20 penumpang yang hendak naik kapal KM Dorolonda membawa tiket palsu.

Penyisiran dilakukan sekitar 11.00 WIT. Penumpang yang terjaring lalu dibawa dan ditanyai di pos Polsek Pelabuhan Laut. Mereka mengaku membeli dari seseorang yang belum dikenal, yang menawari tiket murah. Harga yang dibayar sekitar Rp 250.000, sedangkan yang tertera di tiket di atas Rp 300.000.

Modusnya, Mimi calo yang menjadi tersangka, membeli tiket kapal tujuan dekat, seperti Manokwari-Nabire atau Manokwari-Sorong. Data di dalam tiket, yakni tujuan, pelabuhan asal, dan harga tiket dipalsukan. Caranya, menghapus tulisan yang tercetak di karbon merah dalam tiket.

Roberto mengatakan, pemalsuan ini mengakibatkan PT Pelni dirugikan. Tiket yang dibeli tersangka harganya hanya Rp 100.000, tapi dijual dua kali lipat. Kini, tersangka masih dicari keberadaannya oleh aparat polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com