Tips Wisata Belanja di Jakarta

Kompas.com - 25/06/2011, 16:38 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com — Jakarta adalah surganya belanja. Wisatawan luar kota, bahkan luar negeri, banyak yang datang ke Jakarta hanya demi berbelanja. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun melihat potensi besar dari wisata belanja di Jakarta. Mampir ke Jakarta memang belum lengkap jika tak berbelanja. Jangan sampai kebingungan karena begitu banyak tempat berbelanja di Jakarta. Berikut tips sebelum berwisata belanja di Jakarta.

Mau Beli Apa? Tanyakan diri Anda, apa yang akan Anda beli. Jika busana muslim yang Anda perlukan, mampirlah ke Pasar Tanah Abang. Mencari aneka produk busana perempuan dan laki-laki dengan model terkini, maka langkahkan kaki ke Mangga Dua. Aneka produk bermerek yang Anda incar? Datang saja mal-mal yang berada di kawasan Sudirman, Thamrin, Kelapa Gading, dan beberapa area lainnya. Barang antik menjadi kegemaran Anda? Jalan Surabaya menjadi surga bagi Anda yang menggemari barang antik.

Waktu Belanja Jika pasar yang akan Anda kunjungi, datanglah pada pagi hari. Misalnya Pasar Tanah Abang yang mulai buka pukul delapan pagi. Sebaiknya, Anda datang saat jam buka tersebut. Pada pagi hari pengunjung masih relatif sepi sehingga Anda lebih leluasa berbelanja. Namun, perhatikan pula, misalnya seperti di Pasar Senen, beberapa pedagang mau memberikan harga lebih murah di kala jam-jam menjelang tutup toko.

Sarapan dan Makan Siang Ini hal sepele, tetapi sangat penting. Berbelanja ibarat pertempuran. Pastikan Anda sudah penuh energi sebelum berdesak-desakan di pusat perbelanjaan. Jangan lupa untuk makan siang. Biasanya, saking asyiknya memburu barang yang diincar pembeli sampai lupa makan.

Bawa Teman Beli banyak tentu saja harga lebih murah. Oleh karena itu, bawalah teman atau rombongan saat berbelanja di pasar. Pedagang akan lebih rela melepas harga lebih murah jika Anda membeli dalam jumlah banyak.

Harga Diskon Berbelanja di mal saat pesta diskon bisa sangat menguntungkan. Salah satu program pesta diskon adalah midnight sale. Uniknya, beberapa mal memberikan pengumuman dadakan tentang pesta diskon malam hari. Namun, biasanya midnight sale diselenggarakan pada akhir tahun dan pada musim liburan sekolah. Pada bulan Juni sampai Juli Jakarta merayakan ulang tahun. Salah satu perayaannya adalah Jakarta Great Sale. Sebagian besar mal berpartisipasi dalam pesta diskon tersebut.

Tempat Menginap Jika Anda dari luar kota dan tujuan ke Jakarta untuk berbelanja, pastikan Anda menginap di hotel yang dekat dengan tempat berbelanja. Misalnya Anda ingin berbelanja di Pasar Tanah Abang, carilah hotel di sekitar Tanah Abang. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Jakarta selalu macet. Jangan sampai Anda menghabiskan waktu di perjalanan.

Belanja di Pameran Anda juga bisa datang ke Jakarta Fair di arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran. Aneka barang dan jasa dijual di pameran tersebut. Jakarta Fair berlangsung selama sebulan pada Juni sampai Juli setiap tahunnya. Selain itu, Anda juga bisa mampir ke beberapa pameran lainnya. Misalnya pameran flora dan fauna yang biasa diadakan di Lapangan Banteng. Jakarta Convention Center juga biasa mengadakan aneka pameran, mulai dari pameran komputer, pameran otomotif, sampai pameran wisata. Salah satu keunggulan berbelanja di pameran adalah setiap peserta pameran selalu berlomba-lomba memberikan harga menarik bagi pengunjung. Sebagian besar produk atau jasa dijual dengan harga diskon.

Alternatif Tempat Belanja Selain mal dan pasar, Anda bisa berbelanja di bazar dan pedagang kaki lima. Bazar sering kali menawarkan beragam produk menarik dengan harga yang bersaing. Kemang merupakan kawasan yang sering dijadikan tempat bazar. Area perkantoran pun tak luput menjadi lokasi bazar. Kota Tua Jakarta setiap malam mendadak berubah ibarat pasar malam. Aneka produk juga bisa Anda temukan di sini seperti tas, cincin, dan lampu. Belum lagi aneka jasa yang ditawarkan di Kota Tua Jakarta, mulai dari jasa ramal sampai jasa membuat karikatur.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X