Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Feeder Busway Pasti Beroperasi

Kompas.com - 27/06/2011, 12:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan bahwa tiga bus penghubung  (feeder) busway mulai dioperasikan pada Agustus 2011. Tiga feeder tersebut akan melayani tiga rute, yaitu Puri Kembangan atau Sentra Primer Barat, Tanah Abang-Balai Kota dan SCBD-Senayan.

"Peluncurannya nanti bulan Agustus tahun ini. Penumpang nantinya tidak perlu turun ke aspal karena feeder masuk ke halte," ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono di Jakarta, Senin (27/6/2011).

Selain itu, bus feeder akan berhenti di halte-halte busway yang merupakan paid area atau kawasan yang sudah dibayarkan. Seperti di halte busway Monas, Balai Kota, JCC Senayan, dan Taman Kota. Dengan begitu, sistem tiket feeder ini merupakan tiket terusan, artinya satu tiket untuk menggunakan dua moda transportasi yaitu feeder dan busway.

"Harga tiket nantinya Rp 6.500, yang satu untuk feeder seharga Rp 3.000 dan yang Rp 3.500 untuk buswaynya," tutur Pristono.

Dia menjelaskan bahwa nantinya akan ditambah ratusan rute bus feeder. Hal ini memenuhi banyak permintaan warga Jakarta agar dilayani dengan feeder untuk menuju halte-halte busway. Terdapat dua tipe feeder yaitu feeder original dan destination. Feeder original adalah feeder yang berasal dari daerah perumahan ke halte busway. Contohnya dari Puri Kembangan akan diantarkan ke halte busway oleh feeder ke halte Daan Mogot.

Rute lainnya adalah dari komplek SCBD ke komplek Senayan membawa penumpang ke halte Gelora Bung Karno. "Ada feeder origin yang canggih lagi dari Stasiun Tanah Abang dan Gambir ke Medan Merdeka Barat," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com