Dishub DKI Tawarkan Pilihan untuk LVRI

Kompas.com - 02/07/2011, 03:55 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait kasus penutupan di Jalan Gatot Soebroto, tepatnya di samping Plaza Semanggi, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya kembali berdiskusi dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Hasil dari pertemuan yang berlangsung pada Jumat (1/7/2011) ini adalah pilihan buka-tutup jalan.

"Kami sudah tawarkan ke mereka. Opsinya, separator yang dibuka itu dikecilkan dan hanya boleh dilalui pada pukul 06.00-12.00 sesuai jam kantor Veteran. Setelah jam itu, ditutup pakai rantai," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Jakarta, Jumat (1/7/2011).

Pristono mengungkapkan bahwa saat ini Dishub DKI masih menunggu persetujuan dari pihak LVRI. Pilihan ini pun diajukan demi kepentingan LVRI semata. Karena itu, pilihan yang diberikan disesuaikan dengan jam kerja pihak LVRI. "Separator yang dibuka sekarang lebarnya 7 meter, nanti akan kita tutup setengahnya, disisakan 3,5 meter untuk anggota LVRI yang mau masuk ke dalam gedung," kata Pristono.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Gedung Veteran Jusuf M tidak bisa begitu saja menyetujui pilihan ini karena mesti melapor terlebih dahulu kepada pimpinan LVRI. Pada dasarnya, pihak LVRI tetap ingin agar separator tersebut dibuka. "Belum ada solusinya, kami masih berunding. Kami ingin bisa tetap dibuka atau dibuka-tutup dengan diatur petugas, tapi Dishub DKI tetap ingin separator itu ditutup," terangnya.

Tidak hanya itu, Ketua Advokasi LVRI E Sinaga, yang mewakili pihak LVRI, menolak saran yang diajukan oleh Dishub DKI lantaran jarak tempuh menjadi lebih jauh. Sebelumnya, pihak Dishub DKI pernah mengusulkan agar kendaraan anggota LVRI dari arah Slipi yang ingin menuju ke Plaza Semanggi berputar di Hotel Sahid atau di daerah Karet. "Walaupun itu jalan pemda, tapi harus memikirkan kebutuhan masyarakat," tandas Sinaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.