Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Alternatif Masih Banyak yang Rusak

Kompas.com - 03/07/2011, 22:28 WIB

BREBES, KOMPAS.com - Kerusakan jalan masih banyak ditemukan pada sejumlah ruas jalur alternatif di wilayah Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Kerusakan berupa lubang jalan, aspal mengelupas, dan jalan bergelombang, terlihat di wilayah Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, serta ruas jalur alternatif Jatibarang-Ketanggungan di Kabupaten Brebes, Minggu (3/7/2011).

Ruas jalur alternatif Jatibarang-Ketanggungan merupakan jalur alternatif utama para pemudik, dari arah pantura Brebes atau dari pintu keluar tol Pejagan menuju Tegal, Semarang, atau Purwokerto. Dari pantauan, sebagian ruas jalur alternatif tersebut sedang diperbaiki dengan dilapisi beton, tepatnya di wilayah Desa Sitanggal, Kecamatan Larangan, sepanjang sekitar 600 meter.

Kepala Kepala Seksi Jalan pada Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Wilayah Tegal, Fatoni Aziz mengatakan, kerusakan pada ruas jalur alternatif Jatibarang-Ketanggungan mencapai lima kilometer, dari panjang jalan keseluruhan sekitar 21 kilometer. Saat ini, perbaikan sudah mencapai sekitar dua kilometer, termasuk jalan yang dibeton.

Penambalan lubang dengan penetrasi dan pelapisan aspal dilakukan secara manual. Menurut Fatoni, perbaikan jalur alternatif Jatibarang-Ketanggungan terus dilakukan, dan ditargetkan selesai pada 10 hari menjelang Lebaran.

Meskipun demikian, saat ini pihaknya terkendala oleh banyaknya kendaraan besar yang melewati ruas jalur tersebut. Hal itu sebagai dampak kemacetan yang terjadi pada ruas jalur pantura Brebes, akibat perbaikan beberapa jembatan di wilayah itu . Sebagian bus, truk, dan kendaraan pribadi banyak yang memanfaatkan jalur alternatif tersebut, untuk menghindari kemacetan di jalur pantura.

Padahal, jalur tersebut merupakan jalur provinsi, yang hanya diperuntukkan bagi kendaraan dengan berat di bawah delapan ton. "Perbaikan terus dilakukan, tetapi karena banyak kendaraan yang lewat, kemarin ada yang ambrol lagi," katanya.

Selain ruas jalur alternatif Jatibarang-Ketanggungan, kerusakan juga terjadi pada ruas jalur alternatif Ketanggungan-Bentarsari. Jalur alternatif tersebut juga menjadi jalur alternatif utama pemudik dari wilayah Jawa Barat ke Kabupaten Brebes. Dari panjang jalan sekitar 14 kilometer, kerusakan mencapai 1,4 kilometer atau sekitar 10 persennya.

Menurut Fatoni, perbaikan pada ruas tersebut akan mulai dilakukan pekan depan. Sebelum Lebaran, semua ruas jalan alternatif ditargetkan selesai diperbaiki, dan siap digunakan oleh para pemudik.

Sementara itu, masyarakat dan sejumlah pengguna jalan berharap agar perbaikan jalur alternatif segera selesai. Darman (58), warga Desa Kampiran, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes mengatakan, jalan rusak mengganggu aktifitas warga setempat. Terlebih saat ini, banyak kendaraan besar yang memadati ruas jalan tersebut, sehingga mengurangi kenyamanan lalu-lintas.

Sutrisno (48), pengendara kendaraan pribadi mengatakan, jalur alternatif Jatibarang-Ketanggungan juga menjadi jalur utama bagi masyarakat yang hendak menuju Slawi, Kabupaten Tegal, dari arah Tanjung, Kabupaten Brebes. Akibat kerusakan pada ruas jalur tersebut, perjalanan terhambat dan waktu yang dibutuhkan lebih lama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com