Rel Dilas, KRL Lancar Lagi

Kompas.com - 04/07/2011, 18:35 WIB
EditorLaksono Hari W

DEPOK, KOMPAS.com - Perbaikan rel patah di kilometer 31 Kota Depok selesai pukul 17.55. Rel tersebut dapat dilalui kereta pertama pukul 17.58, Senin (4/7/2011).

Petugas dari Dinas Jalan dan Rel PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengelas kembali rel yang patah. Adapun patahan tersebut persis terjadi pada sambungan rel. Perbaikan berlangsung mulai pukul 17.30. Petugas memperbaikinya dengan peralatan las, palu, dongkrak, dan tabung gas. Selain mengelas, petugas juga memperkuat sambungan di sisi kanan dan kiri rel yang patah.

"Kerusakan seperti ini bukan hal baru. Meskipun dalam perbaikan, perjalanan terus berlangsung walau harus mengurangi kecepatan," kata Rangga Putra, petugas Dinas Jalan dan Rel PT Kereta Api Indonesia (KAI), Senin di lokasi.

Menurut Rangga, kerusakan disebabkan oleh faktor usia rel. Rangga tidak dapat menyebut tahun pemasangan rel R 54 tersebut. "Pada intinya kami siap memperbaiki kerusakan seperti ini. Dengan sistem single operation, saat ini kami ada di posko setiap stasiun dan resor," ujarnya.

Selama proses perbaikan rel, tidak ada penghentian perjalanan KRL. Hanya saja, setiap KRL yang melintas berjalan dengan kecepatan 5 km per jam.

Sebelumnya, informasi rel patah disampaikan penumpang kereta ekonomi tujuan Jakarta pukul 16.15. Rel patah itu persis di bekas sambungan. Proses perbaikan disaksikan langsung Kepala Stasiun Depok Baru Gatot Nur Setiadi dan Kepala Stasiun Depok (lama) Dwi Purwanto.

"Patahan ini karena faktor usia rel dan frekuensi perjalanan kereta yang tinggi, apalagi sekarang jarak perjalanan semakin rapat," kata Dwi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.