Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alam Sutera Serius Kembangkan Superblok

Kompas.com - 05/07/2011, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Alam Sutera akan dikembangkan menjadi superblok dengan beragam bangunan mixed use. Pengembangan superblok ini diharapkan mampu mendongkrak pendapatan dari sektor sewa.

Demikian diungkapkan Direktur Pemasaran PT Alam Sutera Realty Tbk  Lilia Sukotjo dalam di Jakarta, Senin (4/7/2 011). Lilia mengatakan, proyek superblok Alam Sutera merupakan bentuk usaha perseroan untuk meningkatkan pendapatan berkelanjutan (recurring income) dari sektor sewa.

Ia mengakui, sejauh ini kontribusi pendapatan sewanya masih belum besar dibandingkan sektor lainnya. Keberadaan superblok diharapkan dapat menghasilkan pendapatan sewa sekitar 200 miliar per tahun.

"Hampir sebagian besar pendapatan perseroan saat ini masih berasal dari penjualan kavling tanah dan rumah. Hadirnya proyek mal, theme park, apartemen, gedung perkantoran, hotel, hingga Convention and Exhibition Center bertaraf internasional dalam kawasan superblok, kami prediksi ini dapat memberikan kontribusi besar ke depannya bagi pendapatan perseroan," kata Lilia.

Rencananya, proyek superblok seluas 55,5 hektar ini akan berlokasi di sisi utara Alam Suter, Serpong, yang akan rampung pada 2013. Proyek tersebut dibagi menjadi dua tahap yang masing-masing seluas 35,5 ha dan 20 ha.

Adapun Superblok tahap I merupakan area yang akan ditempati Mall Alam Sutera, gedung perkantoran Alam Sutera Office Tower, dan komplek apartemen Silkwood Residences. Di area ini, nantinya akan berdiri kampus Universitas Bina Nusantara (Binus), yang pembangunannya dimulai tahun ini. Sebuah theme park seluas 13 hektar juga akan melengkapi kawasan superblok Alam Sutera yang saat ini tengah dalam masa perencanaan. Sementara tahap II, Alam Sutera berencana membangun convention & exhibition center dalam kawasan yang sama.

"Lahan seluas 20 hektar itu berlokasi dekat dengan kawasan pusat bisnis (CBD) Alam Sutera dan ditargetkan sudah mulai dikerjakan awal 2012 dan diharapkan akan selesai di penghujung tahun 2013," ujar Lilia.

Ia mengatakan, rencana superblok semakin didukung oleh kemudahan akses, kesiapan infrastruktur, dan kelengkapan sarana serta fasilitas. Terlebih dengan rencana pembangunan proyek JORR II yang akan membuat nilai investasi daerah ini menjadi sangat tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com