Transjakarta Terapkan "E-Ticketing"

Kompas.com - 11/07/2011, 18:30 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait penerapan sistem tiket elektronik atau e-ticketing pada bus Transjakarta, BLU Transjakarta dan Bank DKI melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama di Balai Kota, Senin (11/7/2011). Sistem ini berupa kartu prabayar yang berisikan nominal uang dan terbagi menjadi kartu single trip dan kartu multi trip.

"Pelayanan Jakcard ini memberikan kemudahan. Satu sistem yang akan menjadi keseharian di masa yang akan datang. Jadi nantinya seperti di negara yang lebih maju, menggunakan pelayanan kartu agar semuanya biar mudah," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo ketika ditemui usai penandatanganan kerja sama di Balai Kota.

Fauzi Bowo mengatakan, dengan adanya sistem e-ticketing ini, pengguna bus Transjakarta akan lebih nyaman saat memakai jasa Transjakarta. Penggunaan sistem e-ticketing ini juga merupakan salah satu upaya perbaikan pelayanan bus Transjakarta. "Dengan ini sistem tiket jadi lebih teratur dan sistematis," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Sistem e-ticketing ini nantinya akan efektif pada akhir tahun ini di tiap koridor. Sementara itu, bulan Agustus ini rencananya sistem e-ticketing dapat digunakan di koridor I (Blok M-Kota).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BLU Transjakarta Busway, M. Akbar mengungkapkan bahwa dengan adanya sistem e-ticketing dapat memberikan kemudahan bagi penumpang Transjakarta pada saat menggunakan tiket. "Penumpang tidak perlu menggunakan uang tunai dan mengantre di loket," ujar Akbar.

Penggunaan sistem e-ticketing ini membuat pemantauan dan pengawasan atas penjualan dan transaksi tiket Transjakarta dapat dilakukan secara terkomputerisasi dan lebih cepat. Pada prinsipnya, sistem e-ticketing tersebut merupakan open system yang di masa datang dapat mengakomodir berbagai moda transportasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.