Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Selalu Nyaman Pakai "Soft lens"

Kompas.com - 13/07/2011, 12:43 WIB

KOMPAS.com - Soft lens sebaiknya dipakai sesuai kebutuhan dan fungsi. Memakai soft lens bukan sekadar untuk gaya, tetapi seharusnya memudahkan aktivitas Anda dengan fungsi penglihatan yang baik. Pilihan tepat produk soft lens akan lebih memudahkan aktivitas Anda, baik saat bekerja hingga kegiatan hobi seperti berenang atau bahkan snorkeling.  

Agar nyaman pakai soft lens seharian, pilih lensa kontak yang memiliki daya hantar oksigen tinggi ke kornea mata. Jika tidak, mata akan mengalami kekeringan karena kekurangan oksigen. Biasanya, pengguna lensa kontak yang asal memilih produk mengalami mata merah dan tak nyaman. Ia pun harus berkali-kali memakai obat mata. Padahal pemakaian obat mata yang terlalu sering tak disarankan.

Gejala kekurangan oksigen pada kornea mata bisa disebabkan banyak hal, seperti terlalu lama di ruang ber-AC, terpapar asap, terlalu lama di depan layar komputer. Mata yang kekurangan oksigen juga kerapkali dijumpai pada pengguna soft lens dengan lensa hydrogel yang memiliki tingkat daya hantar oksigen rendah.

Opthalmologist dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE, Kepala Divisi Refraksi & Lensa Kontak Departemen Mata FKUI RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan gejala kekurangan oksigen pada kornea mata bisa diketahui melalui pemeriksaan dokter mata. Namun jika mata kekurangan oksigen secara terus menerus, gejala berat yang bisa dijumpai di antaranya mata perih, silau, penglihatan memburam.

"Gejala ini muncul karena kornea mata mengeruh atau membengkak. Jika gejala ini terjadi terus menerus, kornea mata mudah infeksi. Gejala kekurangan oksigen pada kornea mata ini bisa dikurangi secara dini dan dapat dicegah dengan penggunaan soft lens oksigen berbahan silicone-hydrogel," jelas dr Tri saat diskusi media di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menghantarkan oksigen lima kali lebih banyak
Nah, saat memilih soft lens, pastikan daya hantar oksigennya tinggi agar nyaman pakai seharian. Untuk meyakinkan diri Anda memilih lensa yang tepat, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter mata sebelum memilih lensa kontak.

Pilihan lainnya, cari produk soft lens yang teruji mampu mencegah masalah kekurangan oksigen pada kornea mata. Salah satu pilihannya, Air Optix Aqua, soft lens beroksigen yang mengklaim mampu menghantarkan oksigen lima kali lebih banyak ke kornea mata. Air Optix Aqua juga menjaga kelembaban sehingga membantu lensa dari kekeringan. Yang juga perlu diperhatikan dalam memilih soft lens adalah kemampuannya menahan kotoran agar Anda nyaman memakainya seharian.

"Kelebihan lain soft lens beroksigen dari Ciba Vision Indonesia adalah tetap nyaman digunakan enam hari enam malam berturut-turut tanpa dilepas. Permukaan lensanya juga enam kali lebih resisten terhadap kotoran dan penumpukan lemak maupun protein pada lensa kontak. Lensa kontak yang baik harus mampu mengantisipasi protein dan lemak menempel pada lensa kontak," jelas Danny Widodo, Country Head Ciba Vision Indonesia.

Produk soft lens beroksigen dari Amerika ini tersedia dalam ragam pilihan lensa sesuai kebutuhan. Ada yang aman dipakai enam hari berturut-turut dengan masa kadaluarsa 30 hari setelah dipakai. Namun ada juga lensa kontak sekali pakai. Biasanya lensa kontak sekali pakai dibutuhkan untuk berenang atau snorkeling.

Danny menyebutkan, produk Air Optix Aqua bisa didapatkan di Optik Seiz dan Optik Melawai dengan harga 20 persen lebih murah untuk lensa kontak sekali pakai. "Harganya Rp 275.000 per boks isi 30 lensa untuk lensa sekali pakai. Pilihan lainnya Rp 325.000 per boks isi enam lensa," katanya kepada Kompas Female.

Menurut Danny, soft lens beroksigen ini bisa dipakai anak usia 7-8 tahun hingga dewasa 35 tahun.Penggunaan lensa kontak juga membutuhkan perawatan. "Jadi untuk anak biasanya disarankan menggunakan lensa sekali pakai karena belum bisa merawat lensa kontak dengan baik. Sementara untuk dewasa usia 40 biasanya sudah mulai rabun dekat, dan biasanya memilih menggunakan kaca mata," tuturnya.
                                                  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com